Beritahati.com, Jakarta - Tiga hari lagi menjelang perayaan pergantian malam tahun baru. Sejumlah tempat wisata dipastikan akan ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Kawasan yang kerap kali selalu ramai dikunjungi diantaranya adalah kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.


Terkait hal tersebut, Kepolisian diketahui bakal melakukan penutupan akses masuk ke kawasan Puncak pada 31 Desember 2017 pukul 18.00 WIB hingga pagi menjelang. Penutupan jalan tersebut dilakukan dikarenakan kawasan puncak menggelar car free night menyambut tahun baru.


Kapolri Jenderal Pol M Tito Karnavian di RS Bhayangkara Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (28/12), menyampaikan untuk minta penekanan khusus di Puncak ditutup, car free night.

“Tidak ada kendaraan tanggal 31 Desember malam tahun baru dari pukul 18.00 WIB hingga pukul 06.00 WB,” ucap Tito.


Saat car free night berlangsung, kendaraan yang datang dari arah Jakarta menuju Puncak sudah tidak diperbolehkan lagi melintas. Hal ini juga berlaku untuk kendaraan dari arah Cianjur menuju Puncak.


“Yang naik saya imbau kepada masyarakat supaya sebelum pukul 18.00 WIB sudah naik ke atas. Di atas pukul 00.00 WIB tidak usah naik lagi ke atas (Puncak). Sebaliknya dari Cianjur juga akan ditutup,” imbuh Tito.


Tito menjelaskan bahwa malam bebas kendaraan ini masyarakat diwajibkan untuk berjalan kaki selama car free night berlangsung. Sebagai gantinya, kepolisian menyiapkan bus untuk mobilisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lainnya.


“Nanti hanya akan ada kendaraan shuttle saja disiapkan (untuk naik ke atas). Yang lain jalan kaki, nanti jangan sampai rekan-rekan terjebak,” tutup Tito.