Beritahati.com - Bill Gates dikenal sebagai orang terkaya di dunia. Namun gelar itu rupanya sudah tidak menjadi milik bos Microsoft tersebut. Pasalnya, posisi Gates kini diduduki oleh Jeff Bezos, pendiri situs belanja online Amazon.


Seperti dituliskan Bloomberg Billionaires Index, Rabu (3/1), Jeff Bezos kini menjadi orang terkaya di dunia dengan jumlah kekayaan bersih mencapai USD 99 miliar atau sekitar Rp 1.340 triliun.


Bill Gates harus rela turun ke posisi kedua dengan jumlah kekayaan sekitar USD 91,8 Miliar atau sekitar Rp 1.243 triliun. Kekayaan Bezos bertambah sebesar USD 33,7 miliar. Sedangkan kekayaan Bill Gates hanya bertambah sekitar USD 9,41 miliar.


Ini bukan pertama kalinya Bezos berhasil menyalip Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Pada Juli 2017, Bezos sempat menyalip kekayaan Bill Gates. Namun nilai saham Amazon merosot sehingga posisi orang terkaya nomor satu kembali dipegang Bill Gates.


Selain Jeff Bezos dan Bill Gates, ada nama Warren Buffett yang menempati posisi ketiga dengan kekayaan sebesar USD 83,5 miliar atau setara Rp 1.152 triliun.

Menyusul Amancio Ortega, pemilik brand Zara di posisi keempat dengan jumlah kekayaan USD 75,3 miliar, dan Mark Zuckerberg, bos Facebook di posisi kelima dengan kekayaan Rp 72,8 miliar atau sekitar Rp 985 triliun.


Jeff Bezos sendiri lahir di New Mexico, Amerika Serikat pada 12 Januari 1964. Sebelum mengembangkan situs Amazon, pria 53 tahun ini sempat bekerja di Wall Street, New York.


Sedari kecil, Bezos memang tertarik dengan teknologi. Kebiasaan Jeff adalah suka mengutak-atik perangkat elektronik di rumahnya. Dan pada tahun 1995, Bezos pun mulai menciptakan situs Amazon.