Beritahati.com, Jakarta - Politik adu domba perlu diwaspadai dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak mendatang, berikut disampaikan Menteri Pertahanan Jenderal TNI Purn Ryamizard Ryacudu.


"Apalagi adu domba merupakan politik yang memecah belah sehingga itu harus diwaspadai," kata Menhan usai menghadiri syukuran peringatan HUT ke-72 Kodam II/Sriwijaya di Palembang, Jumat (5/1).


Lebih lanjut dia mengatakan, hal tersebut membuat masyarakat berselisih sangat berbahaya apalagi saat pemilihan kepala daerah. "Itu harus dihindari supaya tidak terjadi perselisihan terutama bagi masyarakat," ujar dia.


Sumsel sendiri diakui Ryamizard cukup aman karena masyarakat di sini selalu kompak. Selama bertugas di sana sebagai Danrem dan Kasdam II/Sriwijaya, kondisi daerah tersebut cukup aman.


Dia mengatakan, oleh karena itu Sumsel dan Sumatera Bagian Selatan cukup kondusif dan masyarakatnya selalu menjaga ketertiban.


Meski demikian, ia meminta masyarakat untuk waspada agar pemilihan kepala daerah serentak mendatang berlangsung sukses.


Sementara, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI AM Putranto mengatakan, pihaknya siap membantu dalam mengamankan pemilihan kepala daerah mendatang. "Kami akan membantu Polri dalam mengamankan pemilihan kepala daerah nanti," katanya.