Beritahati.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 dijadwalkan akan mengikuti kompetisi di Jepang. Ya, ini sebagai persiapan Skuat Garuda Asia untuk terjun di ajang Piala AFC U-16, Malaysia, 20 September 2018 mendatang.


"Kita punya tim yang sangat promising di U-16, artinya kita sudah punya modal dasar yang sangat cukup kuat untuk bisa akselerasi program yang bisa lakukan. Ada kemungkinan karena kita punya partnership yang kuat dengan JFA (federasi sepakbola Jepang), maka bisa kita kirim ke Jepang untuk ikut kompetisi. Itu menjadi salah satu master-nya," ucap Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria.


PSSI menyadari betul bahwa kompetisi di Jepang sebagai ajang percepatan persiapan Piala AFC U-16 2018 untuk tim besutan Fakhri Husaini. Sebab, sudah tidak mungkin scouting jangka panjang digelar kembali.


"Sudah tidak cukup waktu lagi untuk melakukan scouting (untuk Piala Asia U-16), karena sudah sangat dekat waktunya. Kita prinsipkan tidak akan lama (ikut kompetisi), karena saya pikirkan bahwa mereka juga tetap harus sekolah," kata Ratu Tisha seperyi dilansir Bolaskor.com.


Timnas Indonesia U-16 lolos ke putaran final Piala AFC U-16 2018 usai menjadi juara Grup G babak kualifikasi dengan 12 poin dari empat laga, atau menyapu bersih pertandingan dengan kemenangan. Timnas U-16 mengungguli sang tuan rumah, Thailand, yang berada di posisi runner-up dengan raihan 9 poin.