Beritahati.com, Jakarta - Kabar gugatan cerai yang dilayangkan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kepada istrinya, Veronica Tan membuat heboh warganet. Pasalnya, selama ini biduk rumah tangga Ahok dan Veronica selalu terdengar adem ayem, meski Ahok harus berurusan dengan hukum karena kasus penistaan agama pada tahun 2017 lalu.


Publik selalu dibuat kagum dengan kebersamaan antara Ahok dan Veronica dalam berbagai kesempatan dan kondisi. Termasuk saat Ahok divonis bersalah dan harus mendekam di balik jeruji besi di Mako Brimob.


Berikut kisah romantis dalam perjalanan cinta Ahok dan Veronica:


1. Pandangan pertama di gereja.


Gereja Kristus Yesus Pluit, Jakarta Utara menjadi tempat yang special bagi Ahok dan Veronica. Tak hanya suci sebagai tempat ibadah sesuai agama yang keduanya anut, namun gereja tersebut juga menjadi awal perjalanan kisah asmara Ahok dan Veronica. Tahun 1994, Ahok pertama kali melihat Veronica yang sedang bernyanyi dan memainkan piano di depan para jemaat, saat itu Ahok menjadi ketua majelis gereja. Pandangan pertama tersebut langsung membuat Ahok menaruh ketertarikan lebih terhadap sosok Veronica. Sosok Veronica yang tampil tanpa makeup-lah yang membuat Ahok kepincut dengan perempuan yang beda usia 9 tahun dengannya itu.


2. Nggak pakai pacaran, langsung menikah.


Berselang 3 tahun dari pertemuan awal pada tahun 1994, keduanya pun mengikat janji suci sehidup semati pada tanggal 6 September 1997. Ada cerita menarik yang mengikuti cerita pernikahan keduanya. Meskipun sudah mengenal selama 3 tahun lamanya, namun keduanya mengaku tak melewati proses pacaran. Ayah Ahok yang mengidap penyakit kanker stadium 4 mendesak Ahok untuk segera menikah karena usianya yang divonis sudah tidak lama lagi. Hal tersebut membuat Ahok dengan berani bertemu ibunda Veronica untuk melamar gadis pujaannya tersebut, permintaan Ahok tersebut sempat membuat kaget ibunda Veronica. Perjuangan Ahok pun tak sia-sia, restu sang ibunda Veronica sudah didapat hingga akhirnya mereka resmi menjadi suami istri dan di karuniai 3 orang anak.


3. Mendampingi Ahok dalam segala situasi.


Sebagai seorang istri, Veronica juga selalu setia menemani setiap langkah Ahok. Sepanjang karirnya sebagai seorang politisi, Veronica selalu setia mendampingi Ahok, dari mulai menjadi Bupati Belitung Timur tahun 2007, anggota DPR RI tahun 2009-2014, Cawagub DKI Jakarta tahun 2012 dan Pilgub DKI Jakarta tahun 2017. Rumah Tangga keduanya di uji setelah Ahok resmi dinyatakan sebagai tersangka atas kasus penistaan agama pada tahun 2017 lalu, Veronica pun dengan setia mendampingi Ahok menjalankan proses hukumnya. Veronica juga selalu rutin mengunjungi Ahok di penjara Mako Brimob tempatnya di tahan, ketegaran hati Veronica pun mengundang banyak simpati dari berbagai kalangan.


4. Sepucuk surat cinta romantis untuk perayaan ulang tahun pernikahan ke-20.


Pada perayaan ulang tahun pernikahan Ahok dan Veronica yang ke-20 tahun pada tanggal 6 September 2017 lalu, Ahok menuliskan sepucuk surat yang ia tulis dalam tahanan untuk istri tercintanya. Dalam surat tersebut, Ahok menuliskan betapa dia sangat bersyukur dan berterima kasih atas keadaan yang diterima saat ini, dia juga sangat bersyukur mendapat sosok seorang istri yang luar biasa seperti Veronica. Ungkapan Ahok dalam secarik surat tersebutpun membuat Veronica tak kuasa menahan air matanya.


"Untuk Vero Istriku,


Sekarang aku harus berterima kasih akan keadaan saat ini kepada semua pihak yang menyebabkan aku menjadi narapidana dan ditahan langsung tanpa menunggu proses lebih lanjut.


ak terbayang jika aku tidak ditahan, aku akan terus bekerja seperti dulu sampai Oktober sampai masa jabatan. Itu artinya saya bangun jam 04.30 (kamu memberiku gelar robot) karena semua waktu dihitung tepat agar aku bisa tiba di Balai Kota jam 07.30 WIB karena sudah banyak yang menunggu dan kerja non stop sampai pulang ke rumah sudah di atas jam 21.00 WIB.


Sabtu-Minggu selain ke kawinan, juga selesaikan dispensi surat dan kadang sampai tengah malam di malam Senin agar hari Senin tidak ada surat yang tertinggal. Kamu memberi gelar padaku robot sungguh benar.


Sekarang di hari pernikahan kita yang ke-20 tahun, saya bersyukur bisa ada waktu mengenalmu dan memperhatikan kamu. Dulu aku benar-benar 'take it for granted' sampai-sampai anak juga kamu yang ajak jalan dan bicara.


Hadiah terbesar HUT pernikahan ke-20 tahun adalah aku di dalam tahanan menyadari betapa beruntungnya pernikahan kita masih utuh dan engkau memaafkan semua kegilaan kerjaku melayani masyarakat. Dan sekalipun mendapat balasan masuk dalam tahanan dan tidak dipilih, tetapi saya mendapatkan istri yang mengasihi aku dan anak-anak kembali. Kalau ada yang salah dalam hubungan suami istri umumnya yang salah pasti sang suaminya


Aku bersyukur dalam tahanan menjadi banyak waktu untuk merenung, betapa istriku bukan lagi seperti dulu. Sekarang sudah jadi dewasa, mampu berprestasi akan menjadi perempuan penolong bagi saya.


Sungguh benar dikatakan dalam Amsal Salomo, istri yang berakal budi adalah anugerah Tuhan."