Negara ini punya ritual lukai kulit hingga mirip kulit buaya pada usia remaja

Negara ini punya ritual lukai kulit hingga mirip kulit buaya pada usia remaja

Penuis: Fariana

Beritahati.com, papua Nugini - Papua Nugini adalah suatu negara yang terletak di bagian timur Indonesia. Negara ini berbatasan langsung dengan Provinsi Papua. Sama halnya dengan Indonesia, negara tetangga ini merupakan negara yang kaya akan budaya, tradisi serta adat-istiadat.


Salah satu tradisi yang sangat unik di negara ini yaitu skarifikasi. Tradisi ini terbilang sangat mengerikan karena remaja laki-laki yang akan segera memasuki usia dewasa (umur 11 tahun) akan dilukai kulitnya. Di dalam luka tersebut lalu dimasukkan minyak tanah liat dan pohon untuk mempertahankan struktur luka sehingga bekas luka menjadi terangkat seperti sisik buaya. Perlukaan ini dilakukan berkali-kali hingga banyak seperti sisik-sisik pada buaya.


Inisiasi yang dilakukan ini menimbulkan luka yang berat, terkadang menyebabkan infeksi lalu kematian. Satu-satunya bantuan yang diberikan selama remaja laki-laki menjalankan proses menyiksa ini adalah mengunyah suatu tanaman.


Tradisi yang menyiksa ini dimaksudkan untuk menunjukkan disiplin, fokus dan dedikasi bagi remaja suku ini yang akan masuk usia dewasanya.


Meskipun sangat menyiksa, tradisi ini dianggap sakral dan dilakukan turun-temurun oleh suku Chambri. ini merupakan suatu penghormatan terhadap nenek moyang mereka yang tak lain adalah buaya.


Suku Chambri juga percaya bahwa buaya yang ada di sungai Sepik adalah leluhur mereka. Oleh sebab itu, mereka sangat menghormati buaya dan melakukan suatu ritual hingga mirip dengan buaya.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top