Beritahati.com, Jakarta - Di tengah rutinitas pekerjaan sehari-hari, stres atau bosan adalah perasaan yang kerap tidak bisa dihindari. Pada akhirnya, keadaan ini bisa membuat Anda mencari kebahagiaan lain di luar kantor.


Sebaiknya jangan terlalu buru-buru melakukannya. Ini karena sejumlah ahli mengungkapkan bahwa rasa stres atau bosan akibat pekerjaan bisa dihindari dengan bersahabat dengan rekan kerja.


Studi yang dilakukan Katie Underwood mengungkapkan, individu yang meminta rekan kerja makan siang bersama, mengatur aktivitas dan bekerja bersama, memiliki kemungkinan 10 kali lipat untuk lebih produktif saat bekerja. Bahkan 40%-nya lebih berpotensi mendapatkan promosi untuk memiliki jenjang karir yang lebih baik.


Sejalan dengan itu, penulis buku “How to Be Happy at Work: The Power of Purpose, Hope, and Friendship”, Annie McKee, juga menyebutkan bahwa bersahabat dengan rekan kerja merupakan salah satu cara untuk menumbuhkan rasa bahagia ketika di kantor.


“Ketika merasa diperhatikan bahkan dicintai seperti halnya dalam persahabatan, kita akan bermurah hati dengan waktu dan bakat yang dimiliki. Ini karena kita berkomitmen pada orang lain, bukan hanya pada pekerjaan atau perusahaan,” kata McKee.


Mckee mengungkapkan, menjalin komunikasi yang baik antar rekan kerja dapat memberi kekuatan emosional dan psikologis untuk menghadapi masalah-masalah yang terjadi di perusahaan. Dalam hal ini, McKee merekomendasikan untuk membangun sebuah hubungan berdasarkan tiga hal, yaitu:


Kepercayaan
Cara untuk membangun kepercayaan adalah dengan menjaga kata-kata, janji, dan memberi pujian di waktu yang tepat.


Kemurahan hati
Untuk membangun kemurahan hati, buatlah rekan kerja merasa dihargai dengan ucapan tolong dan terima kasih.


Kesenangan
Untuk mewujudkan ini, Anda harus melakukan aktivitas hiburan bersama dengan rekan kerja. Keadaan yang tercipta akan mampu membuat Anda bersikap ‘ringan tangan’ untuk pekerjaan yang sedang dijalani.


Sejatinya, menjalin hubungan baik dengan rekan kerja tidak akan membawa kerugian bagi diri Anda. Hal ini justru membuat Anda merasa lebih bahagia, yang pada akhirnya dapat menangkal rasa stres atau bosan di tempat kerja.