Sidang Tipikor e-KTP, Setnov siap buka nama-nama besar, Siapa ya?

Sidang Tipikor e-KTP, Setnov siap buka nama-nama besar, Siapa ya?

Reporter : Miechell

Beritahati.com, Jakarta - Setya Novanto mengajukan justice collaborator (saksi pelaku yang bekerja sama). Dirinya akan membuka nama besar dalam kasus korupsi e-KTP yang proses hukumnya selama ini sangat melelahkan.


Tim kuasa hukum Firman Wijaya mengatakan, nama besar yang dimaksudkan adalah lebih besar dari (peran) Setya Novanto dalam kasus ini.


"Saya tidak tahu yang dimaksud punya status sosial atau pengaruh tertentu, kita lihat saja nanti. Proses akan membuktikan," kata Firman di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Kamis (11/1).


Namun begitu, Firman menekankan bahwa peran Setnov dalam kasus e-KTP tidak begitu besar dan berpengaruh. Pasalnya, baik soal penganggaran, perencanaaan, sudah ada lembaganya dan instansinya, jadi memang sudah dirancang jauh-jauh hari.


Sepertinya Firman ingin menyampaikan pesan bahwa Novanto ingin membuka terang benderang siapa sebenarnya inisiator proyek e-KTP. Karena dengan posisi Setnov sebagai Ketua Fraksi Golkar, riskan sekali jika kliennya tersebut bisa menjadi aktor utama korupsi e-KTP.


Artinya, dalam penganggaran itu ada peran legislatif dan eksekutif di dalamnya, sehingga sekali lagi tidak masuk akal jika hanya Setya Novanto seorang diri yang mengaturnya dan harus menanggung semua akibat seorang diri di penjara.


Firman lalu menegaskan, pihaknya bersama Setya Novanto bertekad untuk membuka semua nama yang terlibat dalam e-KTP, termasuk memperjuangkan nama-nama yang diklaimnya hilang dari dakwaan.


"Ini yang harus dituntaskan dalam sidang hari ini," tandasnya.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top