Sejumlah Kades tak mengubris hibauan DPRD Gresik terkait P3D

Sejumlah Kades tak mengubris hibauan DPRD Gresik terkait P3D

Kontributor: Re Muhammad

 


Beritahati.com, Gresik - Permintaan Komisi I DPRD Gresik, agar proses penjaringan penyaringan perangkat desa (P3D) agar dihentikan sementara. Pasca, ditemukannya kejanggalan dalam proses rekrutmennya tampak tidak dihiraukan oleh para Kepala Desa (Kades).


Bahkan, proses P3D hingga kini masih tetap berlangsung di sejumlah Desa. Karena menurut Kades atau Pemerintah Desa (Pemdes), permintaan DPRD agar rekrutmen dihentikan tidak ada dasar atau regulasinya. Sedangkan pijakan P3D adalah Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 19 Tahun 2017 tentang pedoman penjaringan dan penyaringan perangkat desa.


"Untuk memenuhi kebutuhan perangkat, Pemdes Kembangan tetap menjalankan rekrutmen. meski hasil hearing Komisi I meminta dihentikan sementara. Sebab, apa yang kami lakukan telah diamanatkan dalam Perbup dan itu yang kami jalankan," tegas, Kades Kembangan, Ngadimen, Jumat (12/1)


"Kami tak berani menyimpang dari aturan yang sudah ada, di mana desa diberikan otoritas penuh untuk pelaksanaan rekrutmen perangkatnya," ujarnya.


Di tambahkan Ngadimen, bahwa para Kades di wilayah Kecamatan Kebomas. Telah melakukan pertemuan untuk menyamakan persepsi, dalam rekrutmen perangkat desa. Langkah itu dilakukan, agar proses seleksi P3D bisa menghasilkan perangkat desa yang berkualitas.


"Saat rekrutmen, kami melibatkan pihak ketiga seperti perguruan tinggi. Untuk melaksana proses P3D bagi calon peserta," ungkapnya.


"Desa Kembangan, untuk saat ini membutuhkan dua perangkat, yakni sekretaris desa (sekdes) dan kasi tata usaha (pelayanan). Dan pada pembukaan pendaftaran rekrutmen ini, sudah ada 8 peserta yang mendaftar. Kemungkinan jumlah itu akan terus bertambah, karena pendaftaraan masih dibuka," tandasnya.

Editor : Fariana

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top