Beritahati.com, Jakarta - Gempa berkekuatan 6,0 skala richter mengguncang Myanmar tengah. Berdasarkan keterangan Badan Geologi Amerika Serikat (AS) atau USGS, gempa tersebut berpusat sekira 40 kilometer (km) barat Kota Phyu atau sekitar 172 km di utara Yangon. Kota Phyu diketahui terletak di antara Ibu Kota Naypyidaw dan Yangon.


Sebagaimana dilansir Washington Post, Jumat (12/1/2018), gempa tak hanya terjadi satu kali melainkan terdapat dua gempa susulan dengan kekuatan masing-masing 5,2 SR dan 5,3 SR. Ketiga gempa tersebut terjadi dalam kurun waktu sekira 20 menit.


Gempa tersebut telah menyebabkan kepanikan masyarakat khususnya mereka yang berada di kota-kota besar. Hingga berita ini diturunkan, belum bisa dirincikan data pasti mengenai korban jiwa maupun kerusakan infrastruktur sebagaimana diinformasikan oleh Badan Penanganan Gempa Myanmar.


Seorang warga Yangon bernama Swe Swe Myint menyatakan, gempa telah membuat bangunan lantai enam tempatnya tinggal bergetar selama kurang lebih satu menit lamanya.


"Kami sedang tidur, tapi karena bangunan itu bergetar cukup kuat, kami semua terbangun dengan panik," ujar Swe Swe Myint.