Beritahati.com, Jakarta – Sejumlah bakal Calon Kepala Daerah yang akan maju di Pilkada Sulawesi Selatan (Sulsel) 2018 telah menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).


Dari beberapa kandidat Kepala Daerah yang telah menyetorkan daftar harta kekayaannya, muncul satu nama calon bupati terkaya di Indonesia. Siapakah dia? Dia adalah calon Bupati Pinrang, Sulawesi Selatan, bernama Jamaluddin Jafar Jerre.


Ya, Jamaluddin Jafar Jerre tercatat sebagai calon bupati terkaya di Indonesia yang akan mengikuti pilkada serentak pada 27 Juni 2018.


Kekayaan calon bupati Pinrang, Sulawesi Selatan (Sulsel) ini dirilis Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di laman kpk.go.id.


Selain Jamaluddin, hampir seluruh calon kepala daerah sudah menyetor harta kekayaannya atau Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke KPK, baik secara online atau off line.


Seperti tertera di daftar harta kekayaan calon kepala daerah di laman resmi KPK per Jumat (12/1) pukul 19.00 WIB itu, calon Bupati Pinrang, Jamaluddin Jafar Jerre menduduki posisi pertama sebagai calon Bupati terkaya di Indonesia.


Anggota DPR RI Dapil Papua ini mempunya harta kekayaan sebesar 8.358.947.929.645. Jumlah ini terbilang tinggi dari calon Bupati lainnya. Jumlah ini jauh juga dari kekayaan lawan politiknya di Pilbup Pinrang, Abdul Latif yang hanya memiliki kekayaan sebesar Rp 6.727.536.547.


Jamaluddin Jafar Jerre 


Diketahui, Jamaluddin merupakan putra asli kelahiran Kabupaten Pinrang. Namun, ia sukses sebagai pengusaha di Provinsi Papua. Jamaluddin melenggang ke Senayan sebagai legislator dari Dapil Papua.


Jamaluddin kemudian maju sebagai calon Bupati Pinrang 2018 berpasangan dengan Andi Sofyan Nawir (ASN). Pasangan Jamaluddin-ASN diusung oleh Partai Gerindra, PKS dan PAN.