1318 
Terbongkar, Rumah DP Rp 0 satu lahan dengan proyek apartemen mangkrak

Terbongkar, Rumah DP Rp 0 satu lahan dengan proyek apartemen mangkrak

Reporter : Miechell

Beritahati.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah meresmikan pembangunan rumah DP Rp 0 di Jalan Haji Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.


Namun ternyata, banyak warga Jakarta menyebutkan lahan yang dijadikan lokasi rumah DP Rp 0 tersebut adalah bekas proyek apartemen mangkrak. Dan mirisnya, banyak warga yang sudah membeli lahan itu untuk apartemen namun tak kunjung dibangun hingga kini.


Dan sekarang mereka semua kembali dikejutkan dengan peresmian lokasi rumah DP Rp 0 oleh Anies Baswedan di lahan yang sudah mereka beli.


Netizen bernama Luki mengklaim dirinya dan anggota keluarga lainnya sudah mencicil untuk membeli apartemen di lokasi yang sama namun bernama Pondok Kelapa Village. Hingga 2017, dana yang disetorkan Luki sudah 50 persen.


Sejak dibeli pada 2015, pembangunannya tak juga dimulai oleh pengembang hingga kini. Dan dirinya tambah kaget ketika melihat di lokasi yang sama ada seremoni pembangunan proyek rumah DP 0 rupiah.


"Janjinya Pondok Kelapa Village mau dibangun Februari 2017, lalu mundur April, Mei, Juni, Juli, nggak juga dibangun," tutur Luki, Jumat (19/1).



Bahkan bukan hanya dirinya saja, kata Luki, masih banyak 'korban' apartemen Pondok Kelapa Village yang senasib dengan dirinya. Ia pun mengakui mereka sekarang sudah saling berhubungan dan sedang mencari cara untuk mendapatkan uang mereka kembali.


Pada dasarnya, Luki dan para korban lainnya tidak mempermasalahkan program yang diusung Pemprov DKI Jakarta, tapi dirinya beserta para 'korban' lainnya hanya menginginkan kejelasan mengenai proyek yang lama (proyek sebelumnya).


"Kami hanya ingin uang kami dikembalikan. Alangkah baiknya sebelum mulai proyek baru dan bersorak sorai mengenai kesuksesannya, masalah-masalah lama diberesin dulu," cetus Luki.


Tidak tanggung-tanggung, Luki mencurahkan isi hatinya di media sosial melalui akun Twitter miliknya @lalalalucki pada Jumat (19/1).


Tak mau kehilangan muka, secara terpisah, pihak pengembang proyek rumah DP Rp 0 Klapa Village, yakni PT Pembangunan Sarana Jaya membantah bahwa program Anies-Sandi dibangun di atas lahan yang bermasalah. Namun tidak juga membantah jika mengetahui bahwa di tempat itu sebelumnya ada rencana pembangunan apartemen.


Dirut PT Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan mengatakan, pihaknya memastikan lahan yang digunakan untuk pembangunan rumah DP Rp 0 Klapa Village itu bukanlah lahan mangkrak, melainkan letaknya saja yang berbeda, walau satu lahan.


Dari luas 2,9 hektare lahan yang ada di apartemen Pondok Kelapa Village, memang ada sekitar 1,5 hektar lahan yang dikerjasamakan dengan PT Gemilang Usaha Terbilang (GUT) namun diakui perkembangannya tidak berjalan dengan baik.


Nah, lahan rumah DP Rp 0 program Anies-Sandi disebut Yoory berbeda dengan lahan PT GUT. Hunian DP Rp 0 hanya menggunakan lahan seluas 1,4 hektar dari total 2,9 hektar, serta tidak dikerjasamakan dengan PT GUT.


"Jadi ini bukan lahan PT GUT yang mangkrak. Lahan 1,5 hektar milik mereka memang masih belum dikerjakan hingga kini," tutup Yoory, Kamis (18/1).

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top