Wisata Bali ini bikin travelingmu makin asyik

Wisata Bali ini bikin travelingmu makin asyik

Penuis: Fariana

Beritahati.com, Bali - Bali selalu jadi primadona banyak wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Pulau Dewata ini identik dengan pantai-pantainya yang indah.


Padahal, Bali menyimpan surga dunia lain yang menawarkan keindahan tak ada habisnya. Dari wisata religi sampai bentuk pedesaan yang tak kalah keren. Ditambah dengan keramahan warga dan ragam kuliner yang ada membuat para turis betah menghabiskan waktu di sana.


Sayangnya, nggak banyak yang tahu spot-spot selain pantai di Bali yang layak masuk list destinasi untuk kamu kunjungi. Nah, berikut destinasi wisata terbaik di Bali selain pantai!


1. Pura Ulun Danu Beratan (Bratan).



Pura yang terletak sekitar 56 kilometer dari Kota Denpasar ini merupakan destinasi yang paling banyak dikunjungi turis domestik maupun mancanegara. Bukan semata nuansa religius, Pura Ulun Danu Beratan yang letaknya di kawasan Danau Bratan juga menawarkan panorama yang cantiknya bukan main. Cocok untuk kamu menghirup udara segar karena lingkungan yang asri, sekaligus hunting foto untuk mengisi feed media sosialmu.


Kamu juga bisa menikmati rekreasi air di Danau Bratan seperti naik speedboat, perahu tradisional bernama jukung, dan sepeda air bebek.


Pura Ulun Danu Beratan juga sering menjadi tempat diadakannya berbagai acara, misalnya foto pre-wedding, festival seni, upacara Melasti (upacara penyucian diri untuk menyambut Hari Raya Nyepi), dan lain sebagainya.


Butuh waktu sekitar 1 jam 49 menit menggunakan mobil dari Kota Denpasar ke pura yang berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan ini.


2. Desa Munduk.



Kali ini suguhan keindahan Bali daerah utara yang siap memanjakanmu. Desa Munduk ini sering disebut sebagai “Desa di Atas Awan” versi Bali. Pasalnya, letak desa ini di ketinggian kurang lebih 900 mdpl.


Desa yang terletak di Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng ini menawarkan panorama hamparan perkebunan kopi, teh, dan cengkih. Cocok untuk kamu yang ingin mengeluarkan racun pikiran dan melonggarkan dada yang sesak dengan hawa sejuk khas dataran tinggi.


Selain pemandangan perkebunan, di desa ini juga ada air terjun menawan. Namanya air terjun Melanting. Ketinggiannya mencapai 20 meter dan memiliki debit air yang deras. Bisa nih buat main air merefreshkan pikiran!


Meski di desa, soal penginapan kamu tak perlu khawatir. Sudah banyak penginapan yang bisa disewa di sana, seperti homestay, pondok, dan cottage. Selain penginapan, terdapat beberapa fasilitas lain, seperti rumah makan, area parkir kendaraan, sampai kamar mandi.


Kamu bisa mencapai desa yang dikenal berhawa sejuk dan bertanah subur ini kurang lebih 2 jam 15 menit dari Kota Denpasar menggunakan mobil.


3. Danau Buyan Wanagiri.



Danau yang berada di Buleleng ini menjadi incaran banyak orang karena pesonanya yang Insta-worthy banget. Terletak di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, danau bernama Buyan Wanagiri ini memiliki spot anjungan yang mirip kapal laut ala-ala Titanic.


Selain spot anjungan kapal, kamu bisa hunting foto-foto apik lainnya. Misalnya, ayunan yang tergantung di pohon besar. Saat berfoto di sini, kamu akan mendapat background foto hamparan Danau Buyan beserta rerimbunan pohon yang breathtaking banget.


Danau ini jaraknya sekitar 11 kilometer dari Desa Munduk ke arah timur laut. Jika menggunakan mobil dari Desa Munduk, kamu bisa menjangkaunya setelah perjalanan sekitar 21 menit.


4. Persawahan Jatiluwih.



Ingin lihat hamparan sawah yang hijau dan asri ditimpa sinar mentari pagi yang hangat di Bali? Selain persawahan terasiring di Tegalalang, Ubud, kamu juga bisa berkunjung ke area persawahan di Jatiluwih.


Persawahan Jatiluwih bukanlah persawahan biasa lho! Tatanannya yang berteras atau berundak khas Bali memberikan nuansa pedesaan yang asri dan menentramkan. Jauh dari kebisingan kota. Untuk mengeliling Jatiluwih, kamu bisa naik sepeda atau mobil Volkswagen yang banyak disewakan penyedia jasa tour di sana.


Selain persawahan, di Jatiluwih ini kamu juga bisa menemui pura, rumah warga, dan pemandangan sungai. Jangan lupa juga mampir ke rumah makan yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan logistikmu. Biar kamu semakin semangat jalan-jalan mengelilingi persawahan ini.


Persawahan ini letaknya masuk wilayah Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Jaraknya sekitar 50 kilometer atau sekitar 1 jam 45 menit perjalanan mobil dari Kota Denpasar menuju utara.


 


 

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top