Aria Bima : Ma Ageung, Pemersatu seniman Bogor, Jawa Barat dan Nusantara

Aria Bima : Ma Ageung, Pemersatu seniman Bogor, Jawa Barat dan Nusantara
Wali Kota Bogor Aria Bima (Foto : Istimewa).
Reporter : Miechell

Beritahati.com, Jakarta - Wali Kota Bogor Bima Arya menilai sosok Almarhum Hj. Tien Rostini Asikin (Ma Ageung) sebagai sosok pemersatu yang bisa menyatukan seniman dan budayawan dari wilayah Bogor, Jawa Barat maupun Nusantara melalui seni dan budaya.

Hal ini diucapkannya saat menghadiri acara Mieling Srikandi Seni Sadjati Alm Hj. Tien Rostini Asikin (Ma Ageung), didampingi istrinya Yane Ardian di Mandapa Palataran Pakujajar Sipatahunan, Jalan Loader, Kompleks Bina Marga, Baranangsiang, Kecamatan Bogor Timur, Rabu (31/1).

“Insyaallah Ma Ageung sosok pemersatu yang menyatukan semua elemen, seniman dan budayawan di tatar sunda,” katanya.

Di Mandapa Palataran Pakujajar Sipatahunan ini merupakan tempat berkumpul tokoh se-tataran sunda dan nusantara. Kiprah Ma Ageung sangat besar, sejak 1980-an ia dapat menjadikan tempat ini menjadi percontohan tari, silat dan seni lainnya.

“Mudah-mudahan kedepan ini bisa menjadi penyemangat dalam meningkatkan inovasi dalam melestarikan seni dan budaya di kota bogor yang kreatif, inovatif,” imbuhnya.

Menurutny,a Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah berupaya melestarikan seni dan budaya melalui berbagai program, diantaranya Rebo Nyunda, dengan menggandeng pelaku seni untuk tampil di pusat perbelanjaan dan ruang publik lainnya seperti di taman. 

Ia berharap acara ini menjadi perekat silaturahmi budayawan dan seniman yang ada di Kota Bogor khususnya, untuk menguatkan jati diri sunda, yakni silih asah, silih asih dan silih asuh.

“Insyaallah kita akan selalu solid. Mari kita sama-sama menjaga tradisi yang diwariskan nenek moyang kita ini,” tandasnya.

Sebelumnya, acara tersebut diawali dengan penampilan beberapa pendekar silat cilik dan turut dihadiri budayawan dan seniman dari berbagai daerah.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top