Keren, jika tidak dipakai alas kaki ini bisa kembali ke tempatnya secara otomatis

Keren, jika tidak dipakai alas kaki ini bisa kembali ke tempatnya secara otomatis

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jepang - Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai destinasi wisata yang digemari wisatawan. Alamnya yang indah dan kultur budayanya yang kaya menambah daya tarik tersendiri. Selain itu, masyarakatnya juga terkenal sangat tekun dan rapi. Maka dari itu, ketika berkunjung ke sana banyak hal-hal yang harus dipatuhi oleh wisatawan. Seperti harus melepas alas kaki ketika ingin masuk ke penginapan dan menggantinya dengan sandal yang sudah disediakan.


Namun, terkadang alas kaki yang digunakan wisatawan itu tidak tertata secara rapi. Hal itu yang membuat orang Jepang merasa risih. Mengatasi hal itu, salah satu hotel di Jepang memiliki terobosan baru yang berfungsi agar alas kaki tertata rapi dengan sendirinya.


Dikutip dari The Sun, Kamis (1/2), rencananya, sandal hotel itu akan dilengkapi dengan teknologi canggih untuk membuatnya selalu tertata rapi. Sandal tersebut akan diberi roda di bagian bawahnya.


Sebuah penginapan tradisonal yang dikenal dengan Ryokan ini sudah menggunakan teknologi ini. Sandal yang menggunakan sistem otomotif itu diberi nama ProPILOT Park Ryokan. Nantinya sandal akan berada di pintu masuk penginapan. Jika siap menggunakannya, tamu cukup menekan sebuah tombol pada saat kedatangan.


Teknologi ini sebenarnya sudah diterapkan oleh penginapan tradisional Jepang lainnya. Hal itu membuat sandal berjejer rapi di serambi, tempat para tamu melepas sepatunya. Hal yang membedakannya adalah di Ryokan ini sandal, meja, dan bantal dicocokkan dengan teknologi parkir otomatis dalam versi khusus milik Nissan. Apabila sandal tersebut tidak digunakan, benda tersebut secara otomatis kembali ke tempat yang ditunjuk dengan menekan sebuah tombol.

Teknologi ini mulai diperkenalkan pertama kali pada saat all-new Nissan LEAF di Jepang pada Oktober 2017 lalu. Dalam acara tersebut, ProPILOT Park didemokan mendeteksi objek sekitarnya dan memungkinkan pengemudi memarkir kendaraan secara otomatis di tempat parkir yang dipilih hanya dengan menekan sebuah tombol. Kecanggihan inilah yang digunakan di fasilitas di ProPILOT Park Ryokan.


Kecanggihan teknologi tidak hanya terletak di pintu masuk kedatangan maupun sandal. Kamar tempat tamu menginap juga akan dilengkapi dengan meja self-parking dan bantal lantai. Di dalam kamar Tatami akan ada meja rendah yang dilengkapi dengan bantal lantai untuk duduk.

Wah, benar-benar canggih ya...





   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top