Beritahati.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur memiliki keyakinan Kota Bogor mampu menjadi salah satu percontohan sebagai kota wisata dan olahraga di Indonesia.


“Saya melihat Kota Bogor memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi destinasi pariwisata, untuk kegiatan meeting serta olahraga murah meriah menyehatkan, yakni jogging. Ditambah lagi dengan keberadaan Istana Presiden dan Kebun Raya Bogor yang sejuk,” ujar Asman.


Potensi yang ada di Kota Bogor, menurut Menpan RB, cukup lengkap. Tinggal bagaimana cara Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menatanya menjadi tempat yang cantik serta menjadi daya tarik yang luar biasa.


“Pak Wali tinggal memberikan ruang bagi para investor untuk membangun fasilitas-fasilitas penunjang lainnya yang dapat mendatangkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor,” terangnya.


Selain itu, Wali Kota Bogor Bima Arya harus terus berupaya menanamkan jiwa wirausaha dalam mengelola Kota Bogor terhadap sistem birokrasi dan aparatur sipil negaranya.


“Karena kalau dikelola dengan jiwa enterpreneur (jiwa kewirausahaan) yang dilengkapi dengan hospitality (keramahtamahan) dalam melayani, saya berkeyakinan Kota Bogor akan menjadi satu kota percontohan di Indonesia. Ini adalah visi yang luar biasa dari Pak Wali,” kata Menpan RB.


Saat disinggung terkait kekurangan yang masih ada, Menpan RB menjawab hal itu adalah tantangan dan bukan suatu penghalang.


“Jadi harus terus diperbaiki dan dikerjakan,” terangnya.