Beritahati.com, Jakarta - Hujan deras terus mengguyur sebagian wilayah Bogor dan sekitarnya. Berdasarkan informasi yang diterima dari BPBD Kota Bogor, Senin (5/2/2018), akibat hujan di kawasan Bogor dan sekitarnya, pada Minggu (4/2/2018) malam, sekitar pukul 22.00 WIB, tinggi muka air masih 40 cm atau siaga empat.


Namun pada Senin dini hari, permukaan air Bendungan Katulampa semakin tinggi. Status naik menjadi siaga tiga mulai pukul 00.30 WIB, dan siaga dua pada pukul 08.15 WIB, dengan ketinggian muka air 180 cm.


Pada pukul 09.10 WIB, ketinggian air Bendungan Katulampa sudah mencapai 240 cm, sehingga statusnya positif siaga satu.


Air dari Bendungan Katulampa diperkirakan tiba di Jakarta dalam tempo sembilan jam lagi. Warga di bantaran Ciliwung sepanjang Bogor, Depok, hingga Jakarta diminta waspada adanya luapan air sungai.


Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, banjir diprediksi akan terjadi di beberapa wilayah.


“Diprediksikan sekitar 9 jam ke depan debit banjir akan sampai di Pintu Air Manggarai, Jakarta,” kata Sutopo melalui keterangan resminya, Senin (5/2/2018).


Namun begitu, diperkirakan banjir tak akan besar dan meluas karena hujan tidak merata. Sampai saat ini volume air sungai-sungai lain di wilayah Jakarta masih level normal atau aman seperti Kali Krukut, Kali Cipinang, Kali Sunter, Kali Karet, dan Kali Pesanggrahan.


Banjir diperkirakan hanya terjadi di permukiman kumuh bantaran sungai, namun daerah-daerah lain masih aman.