Jakarta-Banyuwangi kini bisa naik Citilink

Jakarta-Banyuwangi kini bisa naik Citilink

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Pertengahan bulan ini rencanannya maskapai Citilink Indonesia akan membuka rute baru Jakarta-Banyuwangi.


Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Jawa Timur, Senin (5/2), mengatakan pihaknya telah menerima pemberitahuan tentang rencana pembukaan penerbangan Citilink tersebut.


"Ini kabar gembira sekaligus memotivasi kami semua di Banyuwangi untuk terus bergerak maju di tengah berbagai tantangan dan keterbatasan. Semoga ini mampu menjadi tambahan pendorong ekonomi masyarakat," ucapnya seperti dilansir Antara.


Kehadiran Citilink berarti semakin melengkapi pilihan penerbangan bagi wisatawan dan masyarakat. Dengan demikian, dari Jakarta langsung ke Banyuwangi akan dilayani tiga maskapai, yaitu Garuda Indonesia, NAM Air (Sriwijaya Air Group), dan Citilink, sementara rute Surabaya-Banyuwangi digarap Garuda Indonesia dan Wings Air.


"Ini perkembangan positif bagi daerah, dari dulu sama sekali tak ada penerbangan, dan di tahun pertama 2011 hanya sekitar 7.000 penumpang, tahun lalu sudah melonjak lebih dari 1.450 persen. Banyuwangi juga mempunyai terminal bandara baru berkonsep hijau yang bisa melayani 250.000 penumpang," kata Anas.


Dalam keterangannya, Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, keinginan kuat Banyuwangi untuk memperkenalkan pariwisatanya ke level internasional telah menjadi perhatian Citilink Indonesia sejak lama.


"Itu sebabnya kami membuka rute baru ini untuk mendorong percepatan pariwisata sekaligus meningkatkan konektivitas Banyuwangi dengan daerah lainnya di Indonesia," ujarnya sebagaimana dikutip Humas Pemkab Banyuwangi.


Rute baru ini, katanya, juga menjadi penghubung bagi daerah-daerah di sekitar Banyuwangi, seperti Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Bali Barat, yang juga menjadi kontributor perekonomian dan roda pariwisata Banyuwangi.


Banyuwangi sendiri menawarkan keindahan pariwisata alam yang dikenal sebagai kawasan segitiga berlian, yaitu Kawah Ijen, Pantai Plengkung, dan Pantai Sukamade, selain budaya dan kulinernya yang khas dengan lebih dari 70 atraksi wisata setiap tahunnya lewat ajang Banyuwangi Festival.


"Penerbangan pertama Citilink rute baru Jakarta-Banyuwangi akan mulai beroperasi pada 15 Februari mendatang dengan menggunakan pesawat jenis Boeing B-735 berkapasitas 120 penumpang untuk satu kali penerbangan setiap harinya. Kami mulai membuka penjualan tiket mulai Senin, 5 Februari 2018," tutur Juliandra.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top