Beritahati.com, Gresik - Munculnya bau tak sedap yang ditimbulkan limbah PT Ecomec, yang berlokasi di Kawasan Industri Gresik (KIG) Desa Randu Agung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, membuat warga setempat mengeluh. Aroma menyengat sangat mengganggu aktivitas dan kesehatan masyarakat.


Amin (35) salah seorang warga yang tinggal disekitar lokasi pabrik, menyatakan bau tak sedap yang di timbulkan PT Ecomec terjadi setiap hari.


"Baunya itu sangat tidak enak dihidung dan tenggorokan, sangat menganggu kita," ujarnya, Selasa (6/2/2018).


"Kalau pihak terkait tidak melakukan tindakan apapun untuk mengatasi masalah ini, warga di sini pasti banyak yang akan sakit. Karena baunya sangat menganggu kesehatan, membuat tenggorokan kami sakit," tuturnya.


Di tambahkan Amin, warga sebenarnya sudah melaporkan hal ini kepihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Gresik.


"Warga sudah melaporkan apa yang dialaminya ke DLH, tapi kami gak tahu apa laporan kami ditindaklanjuti apa tidak. Kalau memang ditindaklanjuti, mestinya sudah tidak ada bau lagi. Tapi kenyataannya masih tetap saja bau, malah tambah menyengat hidung dan saluran pernafasan" ungkapnya.


Senada juga di katakan Supa'at, warga sekitar pabrik lainnya yang mengaku sering mengalami pusing dan mual saat menghirup bau tak sedap yang muncul dari PT Ecomec.


"Setiap hari saya itu sarapannya bau busuk, mulai mau tidur bangun tidur. Siapa yang tidak terganggu kalau seperti ini," ucapnya.


"Pemerintah kami harap turun tangan pada masalah ini, jangan ngomong sudah tapi buktinya masyarakat masih resah. Kalau seperti itu, sama dengan bohong," tegasnya kesal.