Cara perawatan wajah yang benar buat cowok

Cara perawatan wajah yang benar buat cowok

Penulis: Fariana

Cara perawatan wajah yang benar buat cowok


Beritahati.com, Jakarta - mumnya, kulit cowok cenderung lebih berminyak, kasar, dan tebal dibandingkan cewek. Kulit cowok rata-rata memiliki pori-pori wajah yang lebih besar dan lebih rentan menimbun komedo yang terjebak dalam pori-pori kulit. Karena itu, produk-produk perawatan cewek nggak cocok dengan kulit cowok.


Nah, ternyata masih banyak cowok yang melakukan kesalahan dalam merawat kulit wajahnya. Akhirnya, bukan kulit wajah sehat dan segar yang didapat, malah sebaliknya, jerawatan dan komedoan. Duh, nggak banget kan?


Berikut cara merawat wajah yang benar buat cowok agar semua permasalahan kulit wajah segera enyah.


1. Mengurangi mandi dengan air panas.


Air hangat memang lebih nyaman ketimbang harus menggunakan air dingin ketika mandi. Sayangnya, sering mandi dengan air panas dapat merusak kulit lho. Berada terlalu lama di dalam kamar mandi apalagi sambil menggunakan air yang terlalu panas bisa menyebabkan kulit lebih kering dan rentan membuat kulit bersisik.


2. Gunakan pembersih wajah yang praktis.


Nggak cuma buat cewek, menjaga kebersihan dan kesehatan wajah juga wajib dilakukan oleh seorang cowok. Soalnya, penampilan yang buruk bisa menjadi penghambat dalam mencapai tujuan lho.


Eits, sudah tahu kan kalau produk-produk perawatan wanita nggak cocok dengan kulit cowok? Nah, kini kaum Adam nggak perlu khawatir dalam menjaga kebersihan wajah, soalnya sudah ada Men’s Biore Oil Buster. Busa putih bersih dengan formula anti bacterial (IPMP) ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat.


Men’s Biore Oil Buster ini juga mengandung Natural White Clay yang dikenal mampu menyerap kelebihan minyak. Nggak cuma itu dengan teknologi terkini dari Jepang, skin purifying technology Men's Biore ini mampu angkat kotoran, keringat dan minyak berlebih tanpa mengganggu kelembapan kulit.


3. Mencuci wajah untuk bersihkan minyak.


Membersihkan kulit wajah secara berkala wajib hukumnya. Soalnya dengan rajin mencuci wajah, kamu dapat mengontrol kelebihan minyak di wajah dan juga mengangkat debu yang hinggap di area muka. Tahu kan kalau cowok memiliki produksi kalenjar minyak berlebih dibandingkan cewek? Karenanya jangan sampai malas mencuci wajah ya.


Dampak positif lainnya dari rajin mencuci wajah adalah dapat menghilangkan kuman dan bakteri sehingga terhindar dari risiko terkena jerawat.


Nah, satu hal yang tak kalah penting saat mencuci wajah adalah pastikan kamu menggunakan produk perawatan yang tepat. Untuk kulit berminyak, kamu dapat menggunakan Men’s Biore Oil Buster yang mengandung Natural White clay. Kandungan ini mampu menyerap kelebihan minyak. Eits, facial foam ini bukan hanya sekadar busa putih untuk membersihkan muka aja lho. Soalnya ada formula Anti-Bactrerial (IPMP) yang bisa melawan penyebab jerawat.


4. Jangan menggosok wajah dengan kasar.


Kamu pasti sudah terbiasa mengeringkan wajah dengan handuk, bukan? Namun, sadarkah kamu bahwa kebiasaan mengeringkan wajah dengan cara yang salah bisa membuat kulit jadi kusam, kasar, dan mudah berjerawat.


Untuk mengeringkan wajah, gunakan handuk yang terpisah dengan handuk badan agar bakteri yang menempel pada handuk badan nggak berpindah ke wajah. Caranya pun jangan sampai salah ya.


Setelah membasuh wajah dan bercukur, tepuk-tepuk wajah dengan handuk bersih. Ingat, ditepuk-tepuk jangan digosok. Menggosok kulit dengan handuk dapat membuat iritasi pada kulit. Cukup ditepuk-tepuk untuk menyerap kelebihan air pada kulit setelah membasuh wajah.


5. Lindungi wajah dari paparan sinar matahari.


Banyak cowok mengaku nggak takut matahari apalagi takut kulitnya hitam. Karenanya mereka cenderung mengabaikan atau malas menggunakan tabir surya. Padahal tabir surya bukan hanya membuat kulit jadi nggak hitam tapi lebih kepada perlindungan terhadap sinar UV. Tahu kan kalau sinar matahari merusak warna dan tekstur kulit wajah bahkan bisa menyebabkan kanker kulit? Jadi pastikan menggunakan tabir surya sebelum pergi keluar rumah, ya.


6. Gunakan pore pack.


Selain berminyak dan jerawat masalah lain yang bikin wajah cowok terlihat nggak terawat adalah komedo. Masalah ini biasanya dianggap angin lalu sama para cowok, tapi sebenarnya komedo itu ganggu banget apalagi kalau komedonya berwarna hitam.


Padahal ada satu cara paling populer dan praktis untuk mengusir komedo lho, yakni dengan menggunakan pore pack. Coba deh menggunakan pore pack secara teratur. Komedo yang biasanya betah berlama-lama di hidung dijamin bakal pergi jauh jika kamu rajin pakai pore pack.


7. Biasakan menggunakan krim cukur saat bercukur.


Beberapa cowok memiliki wajah yang mudah ditumbuhi cambang dan kumis. Tahu nggak sih? Jika nggak rajin dibersihkan, kumis dan cambang bisa menjadi sarang bakteri dan kuman. Jangan malas untuk mencukur atau membersihkannya secara teratur.


Sayangnya masih banyak cowok yang melakukan kesalahan saat bercukur. Seperti menggunakan sabun mandi saat bercukur. Nah, mulai sekarang, lebih baik menggunakan krim khusus untuk bercukur ya. Selain mengurangi risiko iritasi, krim cukur bermanfaat mencegah bakteri serta menjaga kelembapan wajah.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top