Beritahati.com, Jakarta - Cerita gaib memang tak dipungkiri masih sering berkembang di tengah masyarakat Indonesia. Belum bisa dikonfirmasi kebenarannya, namun cerita-cerita tersebut tersebar lewat cerita mulut ke mulut. Salah satu cerita gaib yang sedang hangat belakangan ini ialah tentang kota gaib yang ada di Indonesia.


Kota-kota gaib ini dipercaya hanya bisa dilihat oleh orang yang berkemampuan khusus. Oleh karena itu, kebenaran letak kota ini sangat misterius karena tak bisa dilihat oleh mata orang biasa. Namun karena cerita yang sudah melegenda turun-temurun, warga setempatpun percaya dengan kisah tersebut walau belum pernah melihat bentuk kotanya seperti apa.


Tapi beberapa warga juga ada yang mengaku pernah melihat penduduk kota gaib itu bahkan hingga berinteraksi dengan mereka. Katanya, sosok mereka sangat mirip seperti manusia biasa. Namun pakaian mereka terlihat lebih modern.


Nah daripada penasaran, berikut kisah 3 kota gaib yang ada di Indonesia:


1. Wentira.



Kota gaib ini berada di Sulawesi Tengah, masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Kota Wentira. Cerita tentang kota ini sudah lama menghebohkan masyarakat Sulawesi. Wentira dipercaya sebagai kerajaan jin terbesar yang terletak di kebun kopi di antara kota Palu dan Kabupaten Mutong, Sulawesi Tengah.


Tugu berwarna kuning menjadi penanda pintu masuk untuk menuju ke Kota Wentira. Jika dilihat dengan mata biasa, kota ini hanya terlihat seperti sebuah hutan yang sangat lebat. Namun orang dengan kemampuan khusus mengaku melihat kota ini lebih berkembang dan lebih modern seperti kota pada umumnya.


Seluruh warganya mengenakan pakaian berwarna kuning, begitu juga dengan bangunan-bangunan yang berdiri di sana. Menurut kabar yang berkembang, suatu perusahaan pernah mengantarkan sebuah mobil mewah berwarna kuning dengan alamat tujuan Wentira. Namun sesampainya di alamat, betapa bingungnya mereka yang terlihat hanyalah hutan belantara.


2. Saranjana.



Sama seperti Wentira, kota Saranjana ini sangat melegenda di kalangan masyarakat khususnya masyarakat Kalimantan Selatan. Bagi orang luar Kalimantan, nama Saranjana tentu masih terdengar asing. Memang karena di petapun kota ini tak terdaftar letaknya. Menurut cerita, kota gaib ini berada di sekitar Pulau Laut, Kotabaru, Kalimantan Selatan.


Dari foto-foto yang beredar, Saranjana tidaklah lebih dari pulau tak berpenghuni. Pada tahun 1980, Pemerintah Kotabaru dibuat bingung dengan kiriman alat-alat berat dari Jakarta yang ditujukan ke Kota Saranjana. Padahal tak ada lokasi yang sesuai dengan alamat tersebut.


Anehnya, biaya pesanan alat berat tersebut sudah dilunasi oleh sang pembeli. Sampai sekarang Kota Saranjana tetap menjadi kota gaib yang melegenda. Masyarakat percaya akan keberadaan kota ini meski belum pernah melihatnya secara langsung.

3. Padang 12.



Kota ini dipercaya sebagai kota yang mewah serta masyarakatnya makmur-makmur. Padang 12 terletak di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Untuk menuju Ketapang, diperlukan waktu tempuh 30 menit via jalur udara dari Pontianak. Namun tentu saja, tak banyak orang yang bisa melihat keberadaan kota ini.


Menurut orang yang berkemampuan khusus, kota ini dideskripsikan sebagai kota yang bersih dan indah dibanding negara-negara maju lainnya. Kendaraan-kendaraan mewah pun biasa berlalu-lalang di jalanan Kota Padang 12. Secara kasat mata, kota ini hanya tanah kosong yang dipenuhi dengan pohon pinus dan ilalang.


Menurut warga yang tinggal di sekitar Padang 12, kadang warga kota gaib tersebut juga pernah belanja di pasar yang ada di Ketapang. Konon, mereka membayar tidak dengan uang, namun menggunakan kunyit atau rempah lain yang biasa dijadikan bahan masakan. Tapi keesokan harinya kunyit itu akan berubah menjadi emas.