Beritahati.com, Malaysia - Suara berdesis yang terdengar dari lubang kayu di semak belukar Sungai Kelawit, Serawak, Malaysia, membuat ngeri warga setempat. Namun, warga yang penasaran dengan suara tersebut langsung mendatangi sumber suara.


Setelah ditemukan, ternyata ular piton betina berukuran raksasa sedang kawin. Ular yang dijuluki Anaconda Sarawak itu kawin dengan ular piton jantan yang ukurannya lebih kecil.


Reptil raksasa yang diperkirakan memiliki berat sekitar 100 kilogram itu ditemukan pada Sabtu (10/2) sekitar pukul 16.45 waktu setempat.

Ular piton raksasa sebesar paha orang dewasa itu pertama kali ditemukan seorang pemburu di kawasan tersebut, Tinsung Ujang (60). Ia penasaran saat mendengar suara aneh dari dalam lubang kayu.


Tinsung kemudian melihat ke dalam lubang kayu dan terkejut menyaksikan ular piton raksasa sedang kawin dengan seekor ular sawa jantan yang lebih kecil.


“Saya sangat terkejut karena belum pernah melihat seekor ular yang sedang asyik kawin,” ucap Tinsung.


“Ia sangat luar biasa dan saya langsung menembak kedua reptil itu kerana bagi kami, ini adalah hidangan eksotik yang menjadi lauk kegemaran penduduk,” katanya ketika ditemui media Sabtu petang (10/2).


Dikatakan Tinsung, dia terpaka memanggil beberapa temannya untuk membantu membawa ular raksasa itu pulang ke rumah. Saking beratnya, ular itu harus dipikul 3 orang untuk dibawa ke mobil yang akan mengangkutnya.


“Kami harus membelah kayu itu untuk mengeluarkan dua ekor ular,” katanya.


Tinsung mengatakan bahwa ular piton raksasa tersebut kemudian dibawa keluar dari semak menggunakan kendaraan penggerak empat roda.


“Kami tunjukkan kepada penduduk setempat sebelum dagingnya dibagikan secara merata ke penduduk desa dan petani setempat,” pungkasnya.