Cara elegan hindari jebakan utang dalam bisnis

Cara elegan hindari jebakan utang dalam bisnis

Reporter : Tri Sapto Cahyo

Beritahati.com, Jakarta - Memiliki utang yang menumpuk saat menggunakan pinjaman dari bank secara berkala, tentu saja tidak diinginkan seseorang apalagi saat bisnis Anda terpuruk dan mulai merasa tidak mampu untuk melunasi utang tersebut.


Bingung, mulai terlilit utang? So pasti. Bahkan, kebanyakan orang yang sedang mempunyai utang, mengambil tindakan yang salah dalam mengatasinya. Semisal menghindar dari utangnya tersebut.


Ingat! Menghindar bukanlah sebuah tindakan yang benar dalam menyelesaikan suatu masalah. Sebaliknya, Anda mulai mencari cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi utang tersebut.


Alangkah lebih baiknya, jika Anda mengalami masalah, cobalah Anda mengatasinya sendiri. Apalagi jika Anda mengalami masalah hutang dalam bisnis.


Lalu bagaimana cara elegan mengatur utang yang benar? Ada banyak cara yang bisa Anda gunakan, di antaranya sebagai berikut:


1. Langkah awal yang sering dilakukan oleh mereka yang memiliki utang menumpuk adalah mulai membayar dengan minimum payment.
Hal ini biasanya dilakukan karena mereka takut jika sampai dikejar oleh debt collector.


Sebetulnya membayar dengan minimum payment bukanlah jalan yang tepat karena Anda tetap tidak dapat menghindari bunga yang tetap berjalan di balik pembayaran tagihan kartu kredit.


Hal ini hanya membuat debitur menimbun utang tanpa mengatasi utang merekadan tidak menyelesaikannya.


2. Pindahkan Bunga yang Tinggi ke Bunga yang Paling Rendah atau Pindahkan juga ke yang Tanpa Bunga. Atau Anda juga bisa meminta untuk menghentikan Bunganya.


3. STOP utang yang BARU!!! STOP utang yang KONSUMTIF!!


4. Jika Anda Beretika Baik, Anda Bisa Beri Jaminan Solid jika Memungkinkan.


5. Melakukkan Janji Dalam Tanggal Berapa Anda Bisa Membayarnya Seoptimal Mungkin.


6. Bila Tanggal Tersebut Tiba dan Pada Tanggal Tersebut Masih Belum Bisa Bayar, Anda Harus Tetap Nongol


7. Aset Alokasi


Semoga artikel kali ini bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis Anda sehingga bisa lebih dahsyat lagi.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top