Beritahati.com, Majalengka – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Majalengka dalam rapat pleno yang digelar Senin (12/2), akhirnya resmi menetapkan tiga pasang calon sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2018 mendatng.


Ketiga pasang calon tersebut, yakni Maman Imaulhaq–Jefry Romdony, Karna Sobahi–Tarsono Mardiana dan Sanwasi–Taufan Ansyar.


Maman –Jefry (Maju) diusung PKB, Gerindra, PKS, PAN dan Nasdem, Karna – Tarsono disokong PDIP dan Sanwasi – Taufan didukung Golkar dan Demokrat. Mereka juga telah menjalani serangkaian tes termasuk tes kesehatan dan psikologi.


“Seluruh bakal calon dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Majalengka,” kata Ketua KPUD Majalengka, Supriatna, Senin (12/2).


Sebelumnya pada 10 Januari lalu, ketiga pasang calon itu mendaftar ke KPUD Majalengka


Selanjutnya pada Selasa malam, 13 Februari 2018, KPUD akan melakukan pengundian nomor urut peserta Pilkada, di Gedung Islamic Center Majalengka.


Nomor masing – masing calon akan dicantumkan pada kertas suara yang dicoblos pemilih pada pemungutan suara, 27 Juni mendatang. Selain nomor urut, dalam kertas suara juga dicantumkan fofo kandidat


Para kandidat boleh berkampanye mulai 15 Februari 2018 sampai 23Juni 2018. Mereka juga akan mengikuti debat publik yang dilaksanakan oleh KPUD.


Terkait dimulainya masa kampanye, 15 Februari 2018, Supriatna meminta agar seluruh pasangan calon membersikan atau mencopot alat peraga sosalisasi yang selama ini sudah terpasang.


“Kampanye diawali dengan dengan deklarasi kampanye damai pada tanggal 15 Februari,” ujarnya.


Setelah masa kampanye berakhir, Pilkada memasuki masa tenang selama dua hari sebelum dilangsungkan pemungutan suara pada 27 Juni 2018. KPUD Majalengka dijadwalkan menetapkan hasil penghitungan suara pada 4-6 Juli 2018.


Rapat pleno KPUD pagi ini dihadiri ketiga pasang calon. Pasangan Maman– Jefry datang bersama sang istri.


Kehadiran mereka menarik perhatian lantaran Maman dan Jefry mengenakan syal warna biru tosca, sementara istri mereka memakai kerudung dan syal warna sama.


"Ini warna identitas kami, biru tosca warna ceria. Seperti prinsip KPU, Pilkada harus riang dan ceria," ucap Kang Maman, sapaan akrab Maman Imanulhaq.


Menurut Kang Maman biru tosca adalah warna yang sedap dipandang sehinga bisa ’masuk’ ke semua segmen pemilih.


“Termasuk pemilih muda, generasi milenial,” sergah Maman.