Hindari kebiasaan ini agar ginjal tak rusak

Hindari kebiasaan ini agar ginjal tak rusak

Penulis: Fariana

Beritahati.com, Jakarta - Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh kita. Sebagai bagian dari sistem ekskresi, organ ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urine.


Berikut beberapa Kebiasaan yang bisa merusak organ ginjal Anda, diantaranya yaitu :


Mengkonsumsi Minuman Beralkohol
Mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dan terlalu sering dapat meningkatkan risiko kerusakan organ ginjal Anda, karena alkohol membuat organ ginjal Anda bekerja lebih keras dari biasanya.


Menahan buang air kecil
Sering menahan buang air kecil akan membuat kandung kemih meningkatkan beban kerjanya pada ginjal dan bisa saja menyebabkan timbulnya batu ginjal atau bahkan gagal ginjal.


Kurang minum Air Putih
Jika Anda tidak minum air dalam jumlah harian yang cukup maka kotoran dan racun pada tubuh yang seharusnya diekskresikan dari tubuh akan mulai menumpuk dan mengakibatkan kerusakan ginjal.


Mengkonsumsi Garam Berlebihan
Kadar garam yang tinggi dalam tubuh akan menyebabkan kerusakan ginjal. Karena dapat memberikan beban berlebih pada organ dan meningkatkan tekanan darah.


Jika organ ginjal tidak berfungsi baik dalam melakukan tugasnya maka bisa dipastikan akan mengalami masalah kesehatan yang serius, salah satunya gagal ginjal kronis.


Terlambat menyadari gagal ginjal kronis bisa menyebabkan seseorang harus rutin melakukan cuci darah (dialisis) untuk bertahan hidup, bahkan cangkok ginjal.


Karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal.


Oleh sebab itu jagalah organ ginjal Anda sebelum Organ Ginjal Anda mengalami masalah yang parah.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top