Beritahati.com, Jakarta - Bali United kalah 1-3 dari klub Myanmar, Yangon United pada penampilan perdana Grup G Piala AFC 2018 di Stadion Kapten Wayan Dipta, Gianyar, Selasa (13/2/2018).


Hal ini ditengarai karena Tim Serdadu Tridatu tidak turun kekuatan penuh untuk menghadapi Yangon United demi fokus menghadapi Sriwijaya FC pada leg kedua semifinal Piala Presiden 2018, Rabu (14/2/2018) mendatang.


Sederet pemain kunci seperti Ilija Spasojevic, Demerson, Fadhil Sausu, serta Stefano Lilipaly diistirahatkan oleh pelatih Widodo C Putro, yang memilih untuk memainkan pemain lainnya seperti Feby Eka Putra, Ngurah Nanak, dan Yandi Sofyan.


Yangon United membuka keunggulan pada menit ke-15 babak pertama melalui tendangan Emmanuel Uzochukwo yang memanfaatkan umpan silang Kyaw Khant Min dari sisi kiri pertahanan Bali United.


Belum usai recovery akibat gol pertama, Bali United semakin terpuruk setelah pemain Yangon United, Sekou Sylla menjebol gawang Kadek Wardana pada menit ke-19.



Pada menit ke-25, derita para Serdadu Tridatu semakin lengkap kala defender Ngurah Nanak membuat blunder di sisi kiri pertahanan. Sekou Sylla dengan cerdik memanfaatkan umpan silang Emmanuel Uzochukwu tersebut untuk mencetak gol keduanya sekaligus menambah keunggulan Yangon United menjadi 3-0.


Menjelang akhir babak pertama, Bali United memperkecil skor lewat gol yang dicetak I Gede Sukadana, memanfaatkan umpan lambung I Nyoman Sukarja untuk menaklukkan kiper Yangon, Kyaw Zhi Htet. Babak pertama pun berakhir dengan kedudukan 1-3 untuk keunggulan Yangon United.


Babak kedua, pelatih Widodo C Putro memasukkan Nick Van Der Velden dan Hanis Saghara. Serangan Bali United terlihat lebih hidup dan bervariasi untuik menekan lawannya.


Hanis tercatat dua kali hampir mencetak gol pada menit ke-65 dan 75. Tapi, tendangan spekulasi pemain Timnas Indonesia U-19 itu tipis di samping dan atas gawang Yangon United.


Justru Yangon United hampir mencetak gol keempat pada menit ke-72 jika saja kiper Kadek Wardana tidak tampil gemilang siang tadi. Sundulan Sylla yang seharusnya masuk, berhasil dimentahkan Kadek.


Perjuangan anak-anak Pulau Dewata tersebut untuk memperkecil ketertinggalan sampai menyamakan kedudukan seolah akan membuahkan hasil ketika mendapat hadiah penalti pada menit ke-82.


Namun apa daya, eksekusi penalti Kevin Brands menyamping di sisi kanan gawang kiper Yangon United. Skor akhir 3-1 untuk Yangon United pun bertahan hingga akhir pertandingan.


Dengan kemenangan tersebut, Yangon United naik ke puncak Klasemen Grup G Piala AFC 2018 dengan menggeser FLC Thanh Hoa yang juga menang 1-0 atas klub Filipina, Global Cebu. Sedangkan Bali United terjerembab ke dasar nista klasemen.


Pada pertandingan selanjutnya, Bali United akan menghadapi Global Cebu di Stadion Rizal Memorial, Manila, 27 Februari 2018 mendatang.


Susunan pemain


Bali United: Kadek Wardana; Andhika Wijaya, Ngurah Nanak, Agus Nova, Taufik Hidayat; I Gede Sukadana, Sutanto Tan, Kevin Brands, I Nyoman Sukarja; Feby Eka Putra, Yandi Sofyan Munawar.


Yangon United: Kyaw Zi Htet; David Htan, Kekere Moukailou, Pyae Phyo Zaw, Min Kyaw Khant; Kyi Lin, Yan Aung Kyaw, Kosuke Uchida, Maung Maung Lwin; Uzochukwu Emmanuel, Sekou Sylla.