OTT DPRD dan Pemkab Lampung Tengah, KPK sita uang suap Rp 1 miliar

OTT DPRD dan Pemkab Lampung Tengah, KPK sita uang suap Rp 1 miliar
Kabiro Humas KPK Febri Diansyah (Foto : Istimewa).
Reporter : Miechell

Beritahati.com, Jakarta - KPK mengamankan sebanyak 14 orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di dua tempat, yakni Lampung Tengah dan Jakarta.


Dari 14 orang tersebut, ada 5 (lima) anggota DPRD yang ditangkap, 8 (delapan) orang dari unsur pejabat dan pegawai Pemkab Lampung Tengah, serta 1 (satu) orang dari pihak swasta.


"Kami konfirmasi ada kegiatan tim di lapangan, Lampung dan Jakarta. Total diamankan ada 14 orang. Unsurnya DPRD, kemudian pejabat di Pemda dan pihak swasta. Belum ada kepala daerah yang kami amankan sampai detik ini," kata Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah dalam konferensi pers, Kamis (15/2/2018) dini hari.


Febri juga mengatakan, turut disita uang dengan total Rp 1 miliar dalam pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu yang dikemas dalam sebuah kardus.


Uang tersebut diduga sebagai suap untuk anggota DPRD Lampung Tengah terkait persetujuan yang dibutuhkan pihak Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah atas pinjaman dari perseroan pusat.


"Kami temukan uang di Lampung Tengah, ada dalam kardus. Total sekitar Rp 1 miliar. Jadi pihak Pemkab butuh persetujuan DPRD, kemudian dilakukan sejumlah upaya untuk pemberian hadiah atau janji tersebut," terang Febri dalam konferensi pers di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (15/2/2018) dini hari.


Tim KPK hingga kini juga masih di lapangan dalam menyisir dua wilayah operasi yaitu Lampung Tengah dan Jakarta.

   

Populer

Pilihan

Ikuti Berita

Back to Top