Beritahati.com - Timnas Indonesia U-16 meraih kemenangan meyakinkan atas Filipina pada laga pembuka Turnamen Jenesys 2018 di di Stadion Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sport Park, Jepang, Kamis malam (8/3).


Meski bermain di cuaca dingin, tim asuhan Fakhri Husaini, tampil memukau dan mampu mengatasi kendala cuaca. Hasilnya, Sutan Diego Zico dkk mencukur Filipina dengan skor mencolok, 7-1.


Fakhri Husiani lega karena anak asuh tidak grogi di laga pembuka dan tidak terkendala dengan musim dingin yang tengah berlangsung di Jepang. Suhu di Negeri Sakura saat ini berkisar antara 9-16 derajat celcius.


Dalam laga perdana melawan Filipina kondisi makin berat karena hujan yang melanda.


“Main di cuaca dingin ditambah hujan saya pikir akan menjadi kendala. Tapi untungnya anak-anak mampu beradaptasi dengan cepat. Rasa gugup yang biasa terjadi di laga pembuka mampu diatasi dengan baik oleh para pemain,” ucap Fakhri.


Pada laga lawan Filipina, Garuda Asia mendominasi jalannya laga sejak awal. Kemenangan Timnas Indonesia U-16 dibuka lewat gol Yadi Mulyadi di menit ke-8.


Sutan Diego Zico menambah keunggulan di menit ke-15. David Maulana mencetak gol ketiga Indonesia pada menit ke-30 sekaligus menutup babak pertama dengan skor 3-0.


Kembali dari kamar ganti, serangan Garuda Asia tidak kendor. Filipina sempat mencetak satu gol namun Timnas Indonesia U-16 menambah empat gol yang dilesakkan oleh David Maulana, Komang Teguh, Amiruddin Bagus, dan Zico.


Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi Kamboja, Jumat (9/3).