Beritahati.com, Jakarta - Menikah bukanlah permainan namun sesuatu yang sakral untuk Anda lakukan. Saat akan memutuskan untuk menikah, maka ada baiknya jika Anda benar-benar meyakinkan diri dan hati Anda terhadap calon pasangan, sebab ia lah yang akan menemani Anda menjalani sisa hidup hingga akhirnya menua bersama.


Terkadang, memang hati terbolak-balik, salah satu contohnya adalah karena Anda sulit melupakan mantan kekasih yang dulu pernah menjadi orang terdekat dalam hidup Anda.


Perasaan dalam hati pun berkecamuk seperti galau, resah, dan bimbang. Tepis hal itu, karena Anda tidak dapat begitu saja memainkan cinta. Sebab setelah ini Anda akan mengikat sebuah janji suci dengan pasangan untuk hidup berumah tangga.


Apabila memang Anda sulit melupakan mantan bahkan menjelang hari penikahan, ada baiknya jika Anda melakukan beberapa hal berikut untuk meredakan kelabilan hati Anda. Apa saja yang harus dilakukan? Yuk, simak tipsnya berikut ini.


1. Cobalah Untuk Mendekatkan Diri


Salah satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan kefokusan Anda pada sang mantan kekasih adalah dengan mencoba untuk mendekatkan diri dengan keluarga calon pasangan secara lebih intens mendekati hari pernikahan Anda. Cobalah untuk mengalihkan pikiran dan hati Anda untuk fokus mengenal dan memahami keluarga calon pasangan Anda, tak terkecuali dengan calon suami Anda sendiri. Hal itu akan membuat rasa nyaman semakin tumbuh dengan kuat di dalam diri Anda sehingga Anda pun bisa melupakan mantan Anda secara perlahan-lahan. Jangan sungkan juga untuk mendekatkan keluarga calon suami dengan keluarga Anda. Sebab dengan begitu, baik Anda ataupun calon suami, dapat dekat satu sama lain secara lebih intens.


2. Berkumpul Bersama Keluarga


Selain mengenalkan keluarga Anda dan pasangan, Anda pun juga dapat mengisi waktu Anda dengan memfokuskan diri pada keluarga Anda sendiri. Anda dapat menggunakan waktu luang untuk berkumpul bersama mereka, baik bersama orangtua ataupun saudara-saudara Anda. Dengan begitu maka Anda dapat mengalihkan pikiran Anda dari mantan kekasih dan membuat hubungan Anda dengan keluarga semakin harmonis. Bisa juga Anda berdiskusi mengenai pernikahan dengan orangtua atau saudara-saudara Anda yang sudah lebih dulu menikah untuk memenangkan hati dan pikiran Anda.


3. Bicarakan Masalah Pernikahan


Satu lagi cara yang dapat Anda lakukan guna “menyingkirkan” pikiran-pikiran mengenai mantan kekasih, yakni dengan membicarakan masalah pernikahan bersama pasangan. Cobalah untuk membicarakan berbagai persiapan pernikahan secara terperinci dengannya dan fokuskan pikiran Anda untuk membahas masalah tersebut sebab hal itu akan membuat Anda lebih mantap dan yakin pada pasangan Anda.


4. Fokus kepada Pasangan


Mengapa tak Anda coba untuk lebih fokus pada calon suami Anda saja? Ingatlah bahwa ia merupakan calon pemimpin bagi keluarga Anda dan Anda akan menghabiskan banyak waktu bahagia dengannya setelah menikah. Jadi, daripada Anda sibuk memikirkan mantan kekasih, ada baiknya jika Anda menyibukkan diri dengan menghangatkan hubungan Anda dengan calon suami seperti pergi bersama hanya sekedar makan malam atau melakukan hal-hal positif lainnya.