Beritahati.com, Padalarang - Kapolda Jawa Barat Irjen (Pol) Agung Budi Maryoto mengimbau semua pihak agar menjaga keamanan dan ketertiban selama Pilkada Serentak 2018 berlangsung dan menghormati siapa pun yang nanti terpilih.


Hal itu disampaikan Kapolda Jawa Barat pada Apel Pasukan dan Simulasi Satuan Tri Patra Polri-TNI di di Pussenkav Kodiklat AD Padalarang, Senin (12/3).


Kepada anggota Polri dan TNI, Kapolda juga mengingatkan untuk menjaga netralitas selama menjalankan tugas dan melayani sepenuh hati.



Menurutnya, untuk mengamankan tahapan Pilkada Serentak 2018 di Jawa Barat hingga proses pemungutan hingga penghitungan suara selesai, Polda Jawa Barat mengerahkan 21 ribu 500 personel TNI-Polri yang tergabung dalam satuan yang diberi nama Tri Patra.



Pasukan gabungan itu terdiri atas unsur Sabhara, Brimob dan satuan TNI wilayah. Pengamanan tidak hanya dilakukan di lingkungan sekitar, tetapi juga dilakukan di dunia maya melalui satuan Cybercrime.



"Untuk Jawa Barat Polri bersama TNI siap untuk mengamankan Pilkada Serentak dengan adanya simulasi Tripatra ini maka seluruh pasukan sudah siaga untuk menjaga stabilitas keamanan terutama di daerah rawah konflik karena adanya perbedaan faham politik," ujarnya di sela-sela simulasi.



Apel dalam rangka Operasi Mantap Praja Lodaya 2018 Mejudkan Pilkada Damai yang itu juga dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, para Komandan Kesatuan TNI AD, Asops Kapolri, juga diikuti sekitar ribuan personil gabungan.