Beritahati.com, Jakarta - Malas pergi ke gym? Tidak jadi masalah, sepanjang Anda suka berolahrga ringan dan rutin di sela-sela kesibukan. Paling tidak itulah pesan yang disampaikan para periset Universitas Duke di North Carolina.


Hasil riset terbaru menunjukkan, orang dewasa yang rutin berolahraga satu jam dalam satu hari, baik secara sekaligus dalam satu waktu atau terpecah dalam penggalan waktu, diperkirakan memiliki hidup yang lebih sehat.


Hidup sehat yang dimaksud adalah memiliki berat tubuh yang ideal dan terhindar dari beragam penyakit yang biasanya muncul seiring bertambahnya usia. Tidak cuma itu, olahraga juga memangkas resiko kematian hingga lebih dari setengahnya.


Studi Universitas Duke ini dilakukan terhadap sekitar 5.000 laki-laki dan perempuan berusia di atas 40 tahun. Sebagian dari mereka suka berolahraga, sebagian lainnya malas berolahraga, dan sisanya hanya sesekali melakukan gerak badan.


Pengamatan selama rentang waktu 10 tahun mendapati, olahraga ringan namun intensif dan rutin serta olahraga moderat memiliki manfaat yang setara terhadap kebugaran tubuh.


Lennese Williams, seorang warga New York, merasakan manfaat itu. Ia tidak pernah ke gym dan sulit mengontrol makanan, namun kini berhasil mengurangi berat badanya hingga 20 kilogram.


Perempuan berusia 45 tahun itu mengatakan, “Perubahan tidak akan terjadi dalam waktu sepekan. Tapi Anda harus memulainya. Saya memulainya dengan jalan kaki.”


Ya, Williams awalnya memulai dengan jalan kaki. Ia meluangkan waktu dengan berjalan kaki ke mana saja dalam jarak yang dekat. Ia juga memilih tangga ketimbang elevator. Ia kemudian sesekali melakukan olahraga lompat bintang (jumping jack) dan push-up dengan memanfaatkan meja kerja sebagi tempat bersender. Ia melakukan itu secara rutin selama lima menit setiap kalinya dan bila dihitung, ia menghabiskan waktu selama sekitar satu jam setiap harinya.


Doktor Heather Milton dari Pusat Kajian Olahraga Langone di Universitas New York tidak terkejut dengan hasil studi yang dilakukan Universitas Duke.


“Ini semacam pengukuhan bahwa hal-hal kecil bisa memberi manfaat besar. Selama puluhan tahun, orang-orang suka berusaha aktif dalam periode waktu sangat singkat, seperti lebih memilih tangga ketimbang elevator, parkir jauh sehingga harus berjalan kaki, atau pergi berjalan kaki ke toko groseri. Semua itu memberi manfaat kesehatan,” ujar Milton.


Sumber : voaindonesia.com