Beritahati.com, Jakarta - Tak perlu diragukan lagi, semakin bertambah tahun manusia dan mesin akan semakin akrab. Teknologi kini menjadi perpanjangan tangan, otak, dan hidup manusia. Teknologi apa sajakah yang makin populer dan diprediksi akan semakin booming di 2018? Ini dia..


Internet of Things (IoT)


Teknologi terus diciptakan untuk mengikuti perilaku masyarakat yang berusaha mengurangi peran manusia dalam hal transaksi data, baik manusia ke manusia maupun manusia ke komputer. IoT hadir menawarkan konsep dimana sebuah obyek memiliki kemampuan untuk mentransfer data antar jaringan.


Mixed Reality


Mixed reality adalah penggabungan antara dunia nyata/realita dengan dunia maya. Merupakan konsep terbaru dari pendahulunya yakni VR & AR. Tujuannya adalah untuk menciptakan ruang baru dimana obyek dapat berinteraksi secara fisik & digital dalam waktu bersamaan.


Artificial Intelligence (AI)


Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) telah banyak ditemui seperti dalam Robot Sophia dari Hanson Robotics yang dapat mengerjakan tugas-tugas tertentu menggantikan manusia. Meski banyak kekurangan, tahun 2018 diprediksi akan menjadikan AI semakin tren.


Cyber Security


Teknologi yang kian banyak diadopsi masyarakat membuat keamanan siber menjadi fokus utama. Akan semakin banyak perusahaan yang berinvestasi untuk menjaga keamanan transaksi datanya di dunia maya.


Voice Assistant


Pernah mengenal Siri dari Apple, Cortana dari Microsoft, dan Google Now dari Google? Ketiganya merupakan fitur asisten suara yang dapat menerima perintah dari pengguna. Teknologi ini diprediksi akan berkembang pesat di 2018, karena penggabungan antara dunia nyata dan digital adalah hal praktis yang dibutuhkan masyarakat.


Face Recognition / Face Access


Fitur ini dijumpai pada telepon pintar atau smartphone. Face Recognition menggunakan teknologi scanwajah untuk membuka kunci layar smartphone. Fitur ini telah digunakan oleh Samsung dan Iphone, serta diprediksi akan diikuti oleh banyak produsen smartphone lainnya.