Beritahati.com, Jakarta - Bagi pecinta masakan Jepang, pasti tidak asing dengan kata “Teriyaki”. Teriyaki adalah cara memasak makanan ala Jepang, di mana bahan makanan dipanaskan atau dipanggang dan dilapisi dengan kecap, sake/mirin/gula beraroma yang kemudian disebut saos Teriyaki.


Memasak Beef Teriyaki sendiri cukup sederhana yakni mencelupkan daging yang akan dipanggang ke dalam saus teriyaki, diolesi, dan dipanggang sampai benar-benar masak. Cara inilah yang kemudian membuat daging yang dimasak ala Teriyaki terasa manis, legit, dan meresap bumbunya.


Menu Beef Teriyaki umumnya menggunakan daging sapi berkualitas. Namun, bumbu Teriyaki ini sebenarnya juga bisa digunakan untuk daging ayam atau ikan. Berbeda dengan bumbu Teriyaki yang digunakan di Jepang, bumbu Teriyaki di Indonesia biasanya ditambahkan bawang boombay dan jahe sebagai penguat rasa.


Asal Mula Beef Teriyaki


Teriyaki berasal dari Jepang, dengan kata dasar “Teri” yang berarti bersinar (karena memiliki kandungan gula di dalamnya) dan “Yaki” (dipanggang atau dibakar). Diduga, teriyaki berasal dari sekitar abad ke-17 dan muncul saat imigran Hawai mengunjungi Jepang serta mempergunakan bahan apa pun yang ada di sana untuk dikonsumsi.


Mereka menemukan produk lokal sepeti jus nanas, yang kemudian mereka campur dengan kecap. Tergoda oleh rasa manis dan lezat yang dihasilkan, Teriyaki semakin populer di kalangan masyarakat.


Di Jepang, Teriyaki biasa digunakan untuk mengolah makanan berbahan dasar ikan. Tapi sebenarnya, ada banyak bahan makanan yang bisa digunakan untuk membuat Teriyaki mulai dari ikan (seperti ikan tongkol, mackerel, trout, marlin), cumi, daging (ayam, sapi, babi), maupun dari ubi konnyaku. Di Jepang, ikan adalah bahan yang paling sering dipakai untuk membuat Teriyaki. Sementara, daging biasanya dimasak menggunakan teknik yakiniku.


Namun, perkembangan terus terjadi. Hampir semua jenis makanan mulai ikan, makanan laut, daging, diolah dengan Teriyaki. Di Indonesia, Teriyaki lebih banyak digunakan untuk memasak daging ayam maupun sapi. Sementara di Barat, Teriyaki juga digunakan untuk mengolah daging kambing dan babi. Bumbu yang digunakan di dalam sausnya juga mengalami adaptasi atau perubahan. Di Indonesia, kita menggunakan bawang putih, bawang bombay, dan jahe.


Resep Beef Teriyaki


Bahan utama:
Paprika merah 100 gram (potong memanjang)
Paprika kuning 100 gram (potong memanjang)
Dagi sapi has dalam 700 gram (potong)


Bahan Saus Teriyaki:
Kecap asin 6 sdm
Kecap manis 6 sdm
Saus tiram 3 sdm
Madu 2 sdm
Jahe 2 cm (diparut)
Bawang putih 4 siung (dihaluskan)
Bawang bombai 100 gram (dipotong memanjang)
Lada hitam ½ sdt
Minyak wijen 1 sdm


Cara memasak:


Buatlah saus teriyaki dengan cara memasukkan semua bahan menjadi satu, mengaduknya hingga tercampur rata. Pastikan pula tidak ada bahan yang masih utuh dan tidak tercampur rata.


Masukkan daging yang telah dipoton ke dalam saus rendaman. Lalu, lumiri daging sapi hingga merata. Setelah itu, diamkan sekitar 15–20 menit agar bumbu meresap.


Siapkan wajan kemudian masukkan margarin atau minyak ke dalamnya.
Nyalakan api dengan panas sedang atau kecil. Kemudian, masukkan daging sapi dan saus perendamnya.


Setelah daging sapinya matang, masukkan paprika merah dan kuning. Masak sampai semua bahan matang.


Setelah semua matang, angkat wajan kemudian letakkan hasil masakan Anda di piring. Jangan lupa untuk melakukan garnish agar hasil lebih sempurna. Anda bisa mempergunakan irisan tomat, wortel, brokoli, kola tau yang lainnya.


Sumber : Sofwan hadi, blog.kulina.id