Beritahati.com, Magelang - Pembangunan Borobudur Butterfly Park diprakarsai Koperasi Pariwisata (Kopari) Catra Gemilang Borobudur yang menilai bahwa dibutuhkan lokasi wisata tambahan guna memberi nilai tambah untuk wisata Candi Borobudur.


Awalnya, ide ini muncul atas pertanyaan-pertanyaan para wisatawan asing yang datang ke Borobudur dan menanyakan apakah ada lokasi wisata lain di sini selain Borobudur. Pertanyaan yang sering muncul ini pada akhirnya diangkat ke forum umum dan dari sinilah gagasan wisata edukasi berupa taman kupu-kupu muncul.


Tujuan pembangunan taman ini selain sebagai penunjang wisata tapi juga sebagai sarana penyebaran informasi dan pengetahuan mengenai kupu-kupu.



Taman cantik Borobudur Butterfly Park terletak tidak jauh dari Candi Borobudur. Jaraknya hanya selisih satu kilometer saja dari kompleks luar candi. Papan petunjuknya terlihat sangat besar dari pintu masuk candi.


Biaya tiket masuk ke taman ini adalah sebesar Rp 10.000 saja, tidak mahal bukan? Di lahan seluas tiga ribu meter persegi inilah pengunjung disuguhkan taman cantik nan asri dengan puluhan ragam jenis kupu-kupu.



Tersedia balai-balai di tengah taman sebagai tempat rehat dan bersantai sambil menikmati kupu-kupu yang terbang kian kemari. Di sini pengunjung dapat melihat siklus hidup kupu-kupu dari telur sampai dengan bermetamorfosis menjadi kupu-kupu.


Papan-papan petunjuk bilingual tersebar di komplek taman, sembari bermain dengan kupu-kupu tentunya pengunjung mendapatkan pengetahuan yang tak ternilai harganya.



Mengunjungi Borobudur Butterfly Park sangat cocok untuk pengunjung yang membawa keluarga dan anak-anak. Udara taman yang segar dengan hamparan rumput hijau bersih membuat rileks para pengunjung yang datang ke tempat ini.


Belum cukup, bagi pengunjung yang lapar terdapat kafetaria dan restoran yang siap memenuhi kebutuhan makan sekeluarga dengan nyaman. Lapangan parkir luas dan toilet yang bersih juga merupakan salah satu fasilitas yang terdapat pada taman kupu-kupu.



Foto-Foto : Miechell/Beritahati