Beritahati.com - Dua tim terbaik asal Kota Madrid, Real Madrid dan Atletico Madrid akan bentrok di Santiago Bernabeu, Senin (9/4) dinihari nanti. Andai saja, Real Madrid menang bisa memuluskan langkah Barcelona jadi juara La Liga musim ini.


Hitung-hitungannya, Barcelona meraih kemenangan 3-1 atas Leganes dalam laga pekan ke-31 La Liga di Camp Nou, Minggu (8/4/2018) dini hari WIB. Kemenangan yang membuat titel juara tampaknya semakin dekat ke kubu Lionel Messi Cs.


Saat ini Barcelona 79 poin atau unggul 12 angka dari Atletico Madrid yang akan menghadapi sang juara bertahan, Real Madrid. Setidaknya, Barca butuh tiga kemenangan lagi untuk memastikan juara La Liga musim 2017/2018 dari tujuh laga sisa.


Namun, jika Atletico menang di Derby Madrid maka jarak dengan Blaugrana kembali menipis jadi 9 poin. Artinya, Barca butuh empat kemenangan lagi untuk jadi juara.


Menurut berita yang dimuat Marca, Los Blancos, memiliki catatan bagus. Madrid tercatat berhasi menyapu bersih enam laga terakhir mereka dengan meraih kemenangan. Salah satunya adalah saat mengalahkan Napoli pada leg kedua Liga Champions di Stadion San Paolo, dengan skor 3-1.


Teranyar, Madrid berhasil menyingkirkan tim yang musim ini promosi ke divisi utama, Leganes. Hattrick dari Alvaro Morata memastikan Los Blancos menang dengan skor 4-2 pada pertandingan yang berlangsung di Estadio Municipal de Butarque.


Meski memiliki catatan bagus, Madrid tidak boleh lengah saat melawan Atletico. Pasalnya tim besutan Diego Simone juga tidak terkalahkan dalam enam laga terakhir mereka. Bedanya, Los Cholconeros – julukan Atletico – memiliki satu pertandingan imbang melawan Bayer Leverkusen di Liga Champions.


Kembali ke Barcelona. Barcelona sendiri secara meyakinkan menaklukkan Leganes tadi malam. Superstar mereka, Lionel Messi jadi bintang dengan memborong tiga gol Barca. Sementara Leganes hanya bisa membalas lewat gol Al Zhar.


Untuk tujuh laga sisa, anak asuh Ernesto Valverde akan menghadapi Valencia, Celta Vigo, Deportivo La Coruna, Real Madrid, Villarreal, Levante dan Real Sociedad.


Khusus untuk laga El Clasico yang dijadwalkan pada 6 Mei di Camp Nou sepertinya akan lebih spesial. Ada dua kemungkinan. Pertama, Real Madrid akan ‘ikut’ merayakan sukses Barca jadi kampiun dengan menyalami pada pemain Barca sebelum laga.


Hal itu isa terjadi, jika Los Blancos menang pada laga nanti malam, lalu Barcelona menyapu bersih tiga laga ke depan. Artinya Barca sudah memastikan gelar juara jika menang lawan Deportivo.


Kemungkinan kedua, anggaplah Atletico meraih kemenangan dalam empat laga ke depan, termasuk Derby Madrid nanti malam. Maka Barcelona baru bisa menyegel gelar juara jika memenangi laga El Clasico.


Apapun yang terjadi dalam sisa kompetisi La Liga musim ini, sepertinya gelar juara Barcelona untuk musim 2017/2018 tinggal menunggu waktu.