Beritahati.com, Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo prihatin dengan temuan BPS per tanggal 23 Maret 2018 yang mendata sekitar 66,3 juta penduduk Indonesia belum terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan.


"Itu artinya masih banyak warga yang belum terlayani dengan layak oleh program kesehatan tersebut," kata pria yang akrab disapa Bamsoet ini di Komplek DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (9/4).


Oleh karena itu, Ketua Umum Partai Golkar ini meminta Komisi IX DPR untuk mendesak Kementerian Kesehatan guna memberikan sosialisasi terkait BPJS kesehatan terhadap masyarakat.


"Dan harus proaktif mengajak masyarakat untuk mendaftarkan diri dalam program BPJS kesehatan," ujarnya.


Sebaliknya, Bamsoet meminta kesadaran masyarakat akan pentingnya BPJS kesehatan, mengingat program Pemerintah tersebut bertujuan untuk meringankan beban masyarakat dalam menghadapi kendala yang disebabkan oleh penyakit atau pun kondisi alam.


Dia juga mengajak Komisi IX DPR untuk melakukan tekanan terhadap BPJS Kesehatan untuk meningkatkan profesionalisme terhadap seluruh SDM yang terlibat dalam pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat.


"Jika ada oknum yang melakukan peyimpangan dan merugikan masyarakat dalam hal kesehatan, Kemenkes harus bertindak tegas," tegasya Bamsoet.


"Jika ada oknum yang melakukan penyimpangan yang dampaknya merugikan masyarakat, Kemenkes harus bertindak cepa memecat oknum tersebut," ucap Bamsoet.