Beritahati.com, Tangerang - Aplikasi Kepegawaian milik Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang atau yang lebih dikenal dengan Sistem Informasi Kepegawaian Daerah (SIKDA) menjadi role model Aplikasi Kepegawaian Nasional, bahkan SIKDA juga akan diterapkan secara menyeluruh di Pemda seluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala BKN Bima Harya Wibisana saat membuka workshop Penerapan Inovasi di Bidang Kepegawaian dan Pengawasan Pengendalian se-wilayah Kerja Kantor Regional (Kanreg) III Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Hotel Novotel, Kota Tangerang, Kamis (12/4/2018).

"Saat ini hal yang berbau digital itu keniscayaan, suka maupun tidak suka," ujarnya.




"Karena itu satu-satunya yang menjadi motor penggerak saat ini, dan di bidang kepegawaian ini tidak bisa lepas dari itu, sehingga proses manajemen kepegawaian harus digital. Dan Kebetulan di Kota Tangerang ini punya sitem pengelolan kepegawaian tingkat kota dan kabupaten, dan ditawarkan untuk dipakai secara nasional. Jadi kita akan evaluasi lagi apakah bisa dipakai di tingkat nasional," paparnya.

Kepala BKN juga menegaskan dengan dijadikannya SIKDA kota Tangerang sebagai role model sistem kepegawaian di Indonesia, akan menghemat pengembangan aplikasi kepegawaian di beberapa daerah lain.

"Kalau jadi dari Sabang sampai Merauke bisa mengaplikasikannya, akan jauh lebih hemat," tegasnya.

Sementara itu, Kepala BKN Kantor Regional (Kanreg) III, Imas Sukmarya menambahkan, bahwa penerapan aplikasi SIKDA milik Kota Tangerang terlebih dahulu akan uji coba di pemerinah daerah dibawah Kanreg III, yang meliputi 37 Pemda se-Jawa Barat dan Banten.




"Ini tadi memang sudah menjadi arahan Kepala BKN, sistem kepegawaian Kota Tangerang menjadi role model manajemen kepegawaian daerah lain," jelasnya.

Pjs Wali Kota Tangerang M. Yusuf yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut mengaku bangga dengan rencana BKN menjadikan aplikasi SIKDA sebagai percontohan nasional.

"Kita harus bangga karena diapresiasi oleh pemerintah pusat khususnya kepada kawan-kawan yang kerja di BKN, khususnya teman-teman di BKD," ucapnya.

"Ini juga membuktikan bahwa SDM kita mampu memberikan yang terbaik bagi Kota Tangerang dan juga nasional," pungkasnya.