Beritahati.com, Medan - Jajaran Lalu Lintas (Lantas) Polsek Sunggal Polrestabes Medan melakukan penindakan terhadap anak sekolah SMU yang baru saja selesai mengikuti Ujian nasional Berbasis Komputer (UNBK), Kamis (12/4/2018).


Petugas melakukan razia kendaraan bermotor di sepanjang Jalan Ringroad sampai Jalan patriot, Medan Sunggal, Sumatera Utara.


Kapolsek Sunggal Kompol Wira Prayatna menjelaskan, dalam operasi tersebut pihaknya harus mengeluarkan tindakan tilang sebanyak 17 penilangan, dengan perincian, 8 (delapan) pelanggaran tidak menggunakan helmet, 5 (lima) pelanggaran akibat penumpang yang tak menggunakan helmet, serta 9 (sembilan) pelanggaran kelengkapan kendaraan.



"Kami menyita barang bukti berupa 13 STNK dan 2 (dua) sepeda motor," ujar Wira.


Mengenai penindakan yang dilakukan terhadap para siswa dan siswi yang melakukan konvoi tanpa ada kelengkapan berkendara yang baik dan benar, Kapolsek Sunggal mengimbau agar para siswa lebih tertib lalu lintas, dengan menghindari cara berkendara yang ugal-ugalan, karena dapat membahayakan orang lain dan diri sendiri.


"Perhatikan pula perlengkapan berkendara dan kelengkapan kendaraan yang dibawa. Untuk sepeda motor, misalnya helmet, kaca spion terpasang rapi, dan lain sebagainya, jangan sampai dilupakan," imbuhnya.


Dan bagi mereka yang baru saja menyelesaikan UNBK dengan sempurna, dihimbau jangan terlalu euphoria merayakannya di jalan raya, karena bisa bersinggungan dengan pelanggaran hukum..


"Isi saja keseharian dengan hal-hal positif," tutupnya.