Beritahati.com, Jakarta - Untuk uji coba ganjil genap Tol Jakarta-Tangerang mulai hari ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, baru akan dimulai pada dua gerbang tol, yakni Tangerang 2 dan Kunciran 2.


"Uji coba awal di dua gerbang tol, yaitu Tangerang 2 dan Kunciran 2," kata Budi kepada awak media saat meninjau beberapa titik penerapan ganjil genap, Minggu (15/4/2018).


Untuk angkutan umum, kata Budi, pemerintah menyediakan transportasi bus Royal Platinum dengan tiket Rp 22.500 per satu kali perjalanan. Namun untuk awal uji coba 16-20 April 2018, digratiskan terlebih dahulu. Setelah itu, baru berbayar.


Ada beberapa operator bus atau angkutan umum yang melayani masyarakat pulang dan pergi Jakarta-Tangerang, dari Royal Platinum, Sinar Jaya JR Connexion, sampai Perum PPD Transjabodetabek Premium.


Berikut rute bus Royal Platinum, Tangerang-Jakarta :


Titik keberangkatan bus Royal Premium adalah dari halte Flavor Bliss, Alam Sutera, mulai pukul 06.00-07.30 WIB, dengan durasi keberangkatan per 30 menit atau setengah jam sekali.


Dari Alam Sutera Tangerang, tujuan Bendungan Hilir, Tosari, dan Sudirman. Kemudian kembali lagi ke Tangerang, dengan titik keberangkatan dari Park and Ride Jalan MH Thamrin, mulai pukul 17.30-19.00 WIB.


Rute bus Sinar Jaya JR Connexion :


Berangkat dari Citra Raya, Alam Sutera, Villa Melati Mas, BSD City, dan Banjar Wijaya, Tangerang, dengan tujuan Tanah Abang, Sudirman, Ciputat, Cengkareng, dan Grogol. Trayek ini juga berlaku saat kembali menuju Tangerang.


Rute bus Transjabodetabek Perum PPD :


Berangkat dari ITC BSD ke Atrium Senen, pulang pergi.


Semua layanan bus tersebut mulai beroperasi setiap harinya sejak pukul 06.00 WIB, hingga melayani waktu pulang masyarakat ke arah Tangerang di sore hari.


Dengan menggunakan bus, waktu tempuh warga Tangerang ke Jakarta dijamin lebih cepat, karena dalam kebijakan yang diterapkan, di sepanjang tol Jakarta-Tangerang, ada jalur khusus bus. Dengan demikian, tak akan terimbas apapun walau ada kepadatan jumlah kendaraan di jalan tol.