Beritahati.com, Jakarta - Sebuah penelitian baru menemukan bahwa jenis kelamin Anda ternyata juga menentukan bagaimana respon atasan Anda terhadap kinerja Anda di kantor.


Pada penelitian ini, seorang peneliti melakukan pengamatan pada kinerja 180 orang, yang terdiri dari 105 orang pria dan 75 orang wanita, yang berasal dari 28 perusahaan berbeda.


Peneliti ini kemudian menemukan bahwa kata-kata teguran seperti “hati-hati akan nada suara Anda” ditemukan sekitar 17 kali pada laporan kinerja 13 orang wanita yang berbeda, akan tetapi tidak pernah ditemukan pada laporan kinerja seorang pria. Hal ini terjadi terutama bila atasan Anda adalah seorang wanita.


Walaupun demikian, peneliti masih tidak mengetahui mengenai mengapa teguran lebih banyak ditemukan pada pekerja wanita. Apakah seorang wanita lebih mau menegur orang lain atau apakah karena seorang pria tidak terlalu memperhatikan nada suara seseorang atau apakah ada penyebab lainnya.


Di bawah ini terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan bila atasan Anda mengatakan bahwa kinerja Anda kurang baik di kantor.


Analisa
Jika Anda menerima suatu respon yang buruk, maka jangan langsung menerimanya. Pertama-pertama Anda harus mengetahui dari siapa respon tersebut berasal, mengapa ia memberikan respon tersebut terhadap Anda, apa yang dapat membuat Anda bekerja lebih baik setelah menerima respon tersebut, dan cari tahu mengapa kinerja Anda dianggap buruk.


Terima Kritik dan Saran dari Orang Lain
Jangan menganggap bahwa respon buruk yang Anda dapatkan atas kinerja Anda di kantor sebagai suatu serangan terhadap Anda. Anggaplah itu sebagai sebuah masukan positif bagi Anda, yang dapat membuat Anda bekerja dengan lebih baik.


Ketahui Secara Jelas Mengapa Anda Mendapatkan Respon yang Buruk
Jika Anda curiga bahwa Anda tidak mendapatkan perlakuan yang adil dari orang yang menegur Anda, maka jangan ragu untuk mencari tahu apa alasannya ia menegur Anda. Minta atasan Anda untuk memberikan contoh dan tanyakan apa yang ia ingin Anda ubah dalam kinerja Anda. Jangan lupa untuk menuliskan segala sesuatunya sebagai bukti Anda.


(Dari berbagai sumber)