Beritahati.com, Jakarta - Budidaya koral dan ikan hias merupakan sumber daya perikanan yang potensinya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin. Oleh karena itu, potensi itu dapat dioptimalkan untuk pemanfaatan ekonomi, namun harus dikendalikan melalui konservasi, agar kelestariannya dapat dipertahankan.


Demikian diungkapkan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi IV melihat dari dekat budidaya koral di PT. Dinar Darum Lestari, Bali, Sabtu kemarin.


Apa yang sudah didapatkan melalui kunjungan tersebut, menurut Viva Yoga, menjadi masukan positif bagi anggota dewan untuk ditindaklanjuti di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, seperti dilansir laman resmi DPR RI, Senin (16/4/2018).


“Kekayaan terumbu karang, koral, dan karang hias kita sangat luar biasa dan terbesar di dunia. Jadi anugrah dari Tuhan yang Maha Kuasa ini harus dimanfaatkan secara ekonomi dan juga dikonservasi agar tetap lestari,” kata politisi Partai Amanat Nasional itu.


Viva menilai, sisi pemanfaatan ekonomi masih belum maksimal karena masih banyak spesies yang belum di eksplorasi.


Seperti diketahui, dari 569 spesies yang ada, baru sekitar 81 spesies yang diperdagangkan atau diekspor. Perlu penanganan lebih lanjut melalui kebijakan yang mengikat. (DPR RI)