Beritahati.com, Karawang - Bertempat di Halaman Plaza Pemda Kabupaten Karawang, berlangsung upacara HUT Satuan Polisi Pamong Praja ke-68 dan Satuan Perlindungan Masyarakat ke-58 yang diikuti oleh TNI, Polri, SatPol PP, PNS dan Linmas, bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Karawang dr. Cellica Nurrachadiana, Senin (16/04/2018).


Hadir pada upacara tersebut Kapolres Karawang AKBP Hendy F Kurniawan, Dandim 0604/Karawang Letkol Arm Ayi Yosa, Ketua DPRD Kabupaten Karawang H. Toto Suripto, beserta unsur Forkompida Kabupaten Karawang lainnya.


Peran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) menjadi penting di tahun politik. Satpol PP dan Satlinmas harus ikut mengawal satu agenda nasional tersebut. Kesiapsiagaan harus lebih ditingkatkan.



“Maka tema yang diambil dari hari jadi Satpol PP ke-68 dan juga Satlinmas ke-56 kali ini adalah 'Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak 2018',” kata Bupati Karawang saat membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.


Tema ini lanjut Teh Celli, sapaan karib Bupati Karawang, mengandung arti, Satpol PP dan Satlinmas harus lebih siaga di tahun politik ini. Sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas, akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama Pilkada.



Keterlibatan Satpol PP dan Satlinmas, memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga. Karena itu Hadi meminta, Satpol PP dan Satlinmas lebih meningkatkan lagi kesiapsiagaannya.


“Sesuai aturan, Satpol PP dan Satlinmas mempunyai tugas pokok antara lain, membantu menjaga ketenteraman penyelenggaraan pemilu dan Pilkada baik sebelum, atau pada saat pemungutan suara, maupun setelah pelaksanaan pemilihan,” kata Bupati.



Untuk itu perlu koordinasi, komunikasi dan sinergitas antar instansi terkait seperti KPUD, Bawaslu, TNI, Polri dan Kesbangpol lebih intensif. Dan pastinya dengan mengutamakan kepentingan umum dan memperhatikan hirarki. Ini adalah kuncinya. Demikian amanat Mendagri yang dibacakan Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana.