Beritahati.com, Jakarta - Kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan tanah air. Aktor gaek Amoroso Katamsi dikabarkan meninggal dunia. Kabar tersebut disampaikan pihak keluarga lewat pesan kepada sejumlah awak media.


Disebutkan, pemeran Presiden Soeharto dalam film Penumpasan Penghianatan G30S/PKI itu wafat tutup usia Selasa (17/4) dini hari tadi pukul 01.40 WIB di RSAL Mintohardjo, Jakarta. Almarhum meninggal dunia usai melawan penyakit yang telah lama dideritanya.


Terkait kabar duka tersebut, ucapan belasungkawan terus mengalir dari rekan seprofesi hingga seniman lainnya juga netizen. Saat ini lini masa di media sosial diramaikan oleh ucapan duka untuk mendiang.


“Amaroso Katamsi, aktor yg memerankan Presiden Suharto dlm pelbagai film, meninggal dinihari Selasa ini. Amaroso, seorang dokter TNI- AL, ikut grup teater yg dipimpin Sutradara Arifin C. Noer sejak masih kuliah di Yogya. Ia bisa tampak menyatu dgn sosok yg diperankannya,” tulis sastrawan Goenawan Mohammad.


“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun,” ungkap Triawan Munaf.


“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Bapak Amoroso Katamsi telah berpulang ke Rahmatullah pada Selasa 17 April 2018 pukul 01.40. Semoga husnul khatimah. (Informasi dari Mas Doddy Katamsi, putra almarhum),” ungkap Chandra Malik.


Rencananya, jenazahnya Amoroso akan dikebumikan di Komplek AL Pangkalan Jati, Pondok Labu, Jakarta Selatan.


Sementara itu, Amoroso Katamsi lahir di Batavia, Hindia Belanda, 21 Oktober 1940 dan meninggal di umur 77 tahun.


Dia dikenal lewat film Penumpasan Pengkhianatan G 30 S PKI yang dibuat pada 1982 oleh sutradara Arifin C. Noer.


Beliau juga adalah suami dari penyanyi seriosa Indonesia, Pranawengrum Katamsi. Buah hati Amoroso Katamsi, yakni Aning Katamsi yang juga penyanyi seriosa, dan Doddy Katamsi, vokalis band rock Elpamas.