Beritahati.com, Jakarta - Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) Cabang Sumatera Utara kembali mengadakan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT III), 13-16 April 2018, di Hotel Emerald Garden, Medan.


Kegiatan ini merupakan kegiatan reguler tahunan yang diadakan PDSKJI untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan di bidang psikiatri untuk psikiater, dokter spesialis lainnya, dokter umum, mahasiswa maupun masyarakat.


PIT III mengangkat tema, 'Overcoming Anxiety and Depression, Enhancing Sexual Life'.

Kecemasan dan depresi merupakan hal yg sering dijumpai dalam praktik sehari -hari, yang membawa konsekuensi di berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam kehidupan seksual.


Namun hal ini seringkali kurang mendapat perhatian dari klinisi. Ada kemungkinan disebabkan rasa kurang percaya diri menanyakan hal hal terkait kehidupan seksual, budaya tabu membicarakan seksual, atau kurang minat.



Di lain pihak, kehidupan seksual yang bermasalah juga meningkatkan kecemasan dan depresi. Obat -obatan yang diresepkan dokter juga kadang berpotensi membuat disfungsi seksual.


Rangkaian acara dimulai tgl 13 April berupa edukasi untuk masyarakat dalam bentuk talk show di RRI dengan topik 'Pengaruh Kesehatan Mental dalam Kehidupan Seksual'. Kemudian dilanjutkan dengan simposium dan workshop pada 14-16 April 2018.


Panitia menghadirkan sejumlah pembicara tamu berkompeten di bidang pendidikan seksual, seperti dr.Eka Viora, Dr.dr.Nurmiati Amir, dan dr. Robert Reverger.



Ditambah pembicara dari Wakil Rektor II USU, Ketua PERMI, Prof. M Fidel Ganis, dengan materi 'Dealing with Menopause and Its Sexual Problems', Prof. dr.Soetomo Kasiman, dengan materi 'Etika Profesi dalam Praktek Klinis', dr. M.Surya Husada, dengan materi 'Patients Safety', Dr.dr.Elmeida Effendy, dengan materi 'Sexual Life in Bipolar Disorder', dr. Mustafa M Amin, dengan materi 'Gangguan Bipolar Depresi', dr.Vita Camellia, dengan materi 'Psychiatric perspectives of menopause', dr. Freddy Subastian, dengan materi 'Post partum depression', serta dr.Suti Nasution, dengan materi 'Women's sexual hormon cycle'.


Acara dibukà oleh Ketua PP PDSKJI, Eka Viora, dihadiri Hartati mewakili Dinkes Provinsi Sumatera Utara, Pocut Fatimah, mewakili Dinkes Kota Medan, serta Ketua IDI Wilayah Sumatera Utara, dr. Edy Ardiansyah, Sp.OG.


Acara diikuti 210 peserta terdiri dari dokter spesialis, dokter umum dan mahasiswa. Dan selama berlangsungnya seminar tersebut, turut pula diadakan perlombaan presentasi poster elektronik.