Beritahati.com, Jakarta - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mengungkapkan, ide membuat bola raksasa yang digagas Tim 'Doa dan Dukungan Sukses Atlet Indonesia' Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyambut Asian Games 2018 ini, kemudian menggelindingkannya bersama-sama, patut diacungi jempol. Lantaran hal itu memuat pesan kuat mengenai kebersamaan.


"Jika bola raksasa tersebut kita dorong sendiri tentu tidak akan jalan. Tetapi, jika digerakan bersama maka bola tersebut akan berjalan,” ujar Politisi Golkar yang karib disapa Bamsoet tersebut., saat menerima Tim Kemenpora, di ruang Pimpinan DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/4/2018).


Bamsoet berharap, ajang Asian Games bisa menjadi sarana memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Rasa kebersamaan dan persaudaraan harus ditunjukkan semua lapisan masyarakat guna memberikan spirit kepada para atlet.


“Saat ini potensi konflik sebagai imbas Pilkada 2018 dan Pilpres 2019 cukup tinggi. Saya harap ajang Asian Games bisa meredam konflik yang mungkin timbul, selain kembali menyatukan dan mempererat persaudaraan sesama anak bangsa,” tuturnya.


Bamsoet kemudian berpesan agar pemerintah memperhatikan kesejahteraan para atlet. Jika fasilitas dan kesejahteraan atlet terjamin, dirinya optimis atlet Indonesia bisa meraih target minimal 16 medali emas dalam Asian Games mendatang.


“Kesejahteraan tidak hanya cukup dengan memberikan bonus yang besar. Harus dipikirkan pula masa depan atlet tersebut. Fasilitasi mereka dengan memberikan pendidikan yang tinggi, sehingga ketika sudah tidak mampu berkiprah di dunia olahraga, tetap mampu bertahan hidup. Kita tidak ingin melihat lagi atlet yang berprestasi di masa muda, tapi hidup dalam kesusahan di masa tuanya,” pungkas Bamsoet.