Beritahati.com, Jakarta - Satu dari dua pelaku jambret yang dikenal sadis dan tidak segan-segan untuk melukai korbannya terpaksa dilumpuhkan angggota Polsek Pademangan dengan menembak kakinya karena berusaha melawan polisi pada saat hendak ditangkap.


Kapolsek Pademangan Kompol Sri Suhartatik mengatakan, Dua pelaku jambret tersebut yakni bernama Ari Saputra Asal Jawa Tengah dan Aldy Firmansyah warga Sawah Besar Jakarta Pusat.


Dalam aksinya kedua pelaku ini membacok korbannya dan seorang saksi yang saat itu hendak menolong korban.


“Salah seorang pelaku Ari Saputra melakukan perlawanan kepada petugas sehingga petugas mengambil tindakan tegas dan terukur melumpuhkan pelaku,” ujar Kapolsek Pademangan, Sabtu (28/4).


Lanjut Kapolsek Pademangan, peristiwa itu bermula pada hari Kamis tanggal 26 April 2018 sekira pukul 06.45 WIB. Saat itu korban Karsina Lopinta Dimaya warga Jagakarsa, Jaksel, dan bersama teman-temannya sedang menunggu bus jemputan kantor di depan ITC Mangga Dua, Jl. Mangga Dua Raya Kel. Ancol Kec. Pademangan Jakarta Utara.


Karisna Lopinta yang saat itu berada di atas trotoar pinggir jalan tiba-tiba didatangi dua orang pelaku dengan mengendarai sepeda motor. Kemudian salah satu dari pelaku turun dari sepeda motor mendatangi korban dan langsung merampas HP korban yang sedang ia pegang.

Dalam kejadian itu korban dan pelaku sempat tarik menarik namun pelaku langsung naik di atas sepeda motor yang dikendarai oleh pelaku Aldi Firmansyah. Korban yang mempertahankan HP-nya saat itu juga ikut terseret oleh kedua pelaku menggunakan sepeda motor.


Saat hendak melarikan diri, sepeda motor pelaku tersenggol oleh sebuah mobil dan terjatuh, pelaku yang panik bangun langsung membacok korban Karisna Lopinta Dimaya. Sementara itu salah seorang saksi Abdul Munir yang berada di lokasi kejadian yang hendak menolong korban turut dibacok pelaku.


“Akibat peristiwa tersebut korban Karisna Lopinta Dimaya mengalami luka bacok pada kepala bagian samping kiri sekira 4 cm sobek akibat luka bacok dan korban Abdul Munir mengalami luka bacok pada kepala bagian kiri atas mengakibatkan luka dengan 7 jahitan dan dirawat di RS Husada Jakarta Pusat,” ungkap Kapolsek Pademangan.


Sementara itu pihak Kepolisian Sektor Pademangan yang mendapat informasi tersebut dari masyarakat langsung mendatangi TKP dan melakukan pengejaran terhadap kedua tersangka yang sudah melarikan diri.


“Pada saat mau diamankan salah seorang pelaku Ari Saputra melakukan perlawanan kepada petugas sehingga petugas mengambil tindakan tegas dan terukur melumpuhkan pelaku. Dan kedua pelaku berhasil diamankan dan dibawa ke Polsek Pademangan untuk penyidikan lebih lanjut,” papar Kapolsek.


Atas perbuatannya itu kedua pelaku yang saat ini meringkuk diruang tahanan berikut barang bukti berupa 1 unit sepeda motor merk Honda Beat warna putih dan sebilah golok gagang berwarna cokelat diamankan di Mapolsek Pademangan. Yang bersangkutan dikenakan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan.