Beritahati.com, Jakarta - Kreasi bumbu untuk ayam bakar memang tidak ada habisnya. Salah satu bumbu ayam bakar yang lezat adalah bumbu Bali. Keistimewaan bumbu ini adalah rasa rempah yang begitu kaya dan berpadu sempurna dengan rasa pedas-gurih.


Mau menyantap ayam bakar bumbu Bali, tidak perlu jauh-jauh pergi ke Pulau Dewata. Ibu rumah tangga atau remaja putri bisa membuat ayam bakar bumbu Bali dengan mudah. Bahan serta bumbunya pun tidak rumit dan pasti tersedia di dapur.


1. Potong ayam utuh jadi 4 bagian


Ayam bakar bumbu Bali biasa disajikan dalam potongan dan porsi yang cukup besar. Soalnya, rasa ayam bakar yang gurih dan kaya rempah ini tidak cukup dinikmati dalam potongan yang kecil. Untuk itu, daging ayam utuh yang akan anda gunakan sebaiknya dipotong menjadi 4 bagian: 2 potongan besar bagian paha dan 2 potongan besar bagian dada.


2. Lumuri ayam dengan air jeruk nipis


Ayam yang sudah dipotong kemudian dilumuri terlebih dulu dengan air perasan jeruk nipis. Untuk menghilangkan sisa bau amis yang masih menempel pada ayam.


Lumuri air jeruk nipis secara merata, ke seluruh permukaan ayam. Diamkan sekitar 5 menit. Lalu bilas bersih di bawah air mengalir hingga tidak ada bulir dan air jeruk yang tersisa.


3. Haluskan bumbu-bumbu yang diperlukan dan tumis hingga harum


Untuk membuat bumbu Bali, dibutuhkan bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, kencur, kunyit, dan terasi. Seluruh bumbu ini kemudian dihaluskan, bisa dengan cara diulek atau menggunakan blender.


Selanjutnya, tumis bumbu halus hingga harum. Jangan lupa menambahkan serai yang sudah dimemarkan dan daun jeruk ke dalam tumisan untuk memperkuat aroma bumbu Bali.


4. Masukkan ayam; aduk rata sampai ayam berubah warna


Setelah aroma harum keluar dari tumisan bumbu, masukkan potongan daging ayam. Lalu aduk rata dengan perlahan hingga seluruh bagian ayam sudah terlapisi bumbu dengan baik. Masak terus hingga permukaan ayam mulai berubah warna.


5. Tuang air dan berbagai bumbu perasa; masak hingga air menyusut

Selanjutnya, ayam harus diungkep supaya bumbu semakin meresap hingga ke tulang. Jadi, perlu menuangkan air ke dalam tumisan. Tambahkan juga berbagai bumbu perasa seperti kecap manis, garam, potongan gula merah, dan air asam jawa, untuk memberikan rasa manis-gurih pada ayam. Aduk rata dan biarkan masak hingga air menyusut.


6. Bakar ayam sambil diolesi sisa-sisa bumbu ungkep


Kalau air sudah menyusut, matikan api dan pisahkan ayam dari bumbu ungkepnya. Kemudian, siapkan alat untuk membakar ayam. Dapat pula menggunakan alat bakaran berjeruji atau wajan anti lengket biasa.


Bakar ayam di atas api sedang, sambil sesekali diolesi sisa-sisa bumbu ungkep. Pastikan kedua sisi ayam sudah berwarna kecoklatan kering dan matang. Barulah ayam bakar bumbu Bali siap untuk dihidangkan.


Sepiring nasi putih hangat rasanya sudah cukup untuk menemani ayam bakar bumbu Bali. Tapi untuk citarasa yang lebih mantap dan ‘Bali banget’, jangan lupa menyantapnya dengan cocolan sambal matah.