Beritahati.com, Jakarta - Makan ayam atau ikan goreng belum sedap jika tidak ditemani sambal dengan rasa dan sensasi pedas yang mantap. Jika sudah bertemu dengan sambal yang sesuai, jangankan ayam atau ikan, sepiring nasi dengan tempe goreng saja sudah cukup memuaskan selera.


Di bumi Nusantara ini bayak sekali jenis sambal, sambal korek ada di antaranya.


Sambal ini adalah salah satu yang paling sederhana proses pembuatannya. Hanya menggunakan cabai rawit merah, bawang putih, garam, dan minyak. Ada juga resep yang menambahkan bawang merah dan sedikit gula pasir.


Semua bahan diulek hingga halus lalu disiram minyak panas. Meski sederhana, jika membuatnya kurang tepat, sambal korek akan mengeluarkan aroma langu.


Untuk menghindarinya, pastikan minyak yang digunakan benar-benar panas. Gunakan wajan kecil untuk memanaskannya. Panaskan hingga minyak hampir berasap.


Langsung tuangkan minyak sekaligus ke dalam cobek berisi sambal, lalu aduk. Jangan menuangnya beberapa kali dengan sendok karena suhu minyak akan turun.


Jika menggoreng ayam, ikan, atau udang di hari yang sama, gunakan minyak bekas menggoreng tersebut untuk membuat sambal. Rasa sambal akan menjadi lebih gurih.