Beritahati.com, Medan - Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol. Paulus Waterpauw melaksanakan Sidak (Inspeksi Mendadak) dalam rangka Meninjau Kesiapsiagaan Personel Polda Sumut dari jajaran Polsek maupun Polres di bawah wilayah hukum Polda Sumut, usai insiden berdarah di Rutan Salemba Cabang Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.


Turut mendampingi Kapolda Sumut, yaitu Karo Ops Polda Sumut, Dir Intel Polda Sumut, Dansat Brimob Polda Sumut, Dir Sabhara Polda Sumut, Dir Krimum Polda Sumut ,Dir Pam Obvit Polda Sumut, Kabid Propam Polda Sumut,Kabid Humas Polda Sumut, Dir Tahti Polda Sumut dan Kapolres Deli Serdang.



Lokasi yang ditinjau antara lain seputaran Mapolda Sumut berlanjut ke Polres Deli Serdang kemudian Polsek Tanjung Morawa dan Mako Brimob Polda Sumut.


Selain melihat langsung kesiapsiagaan personel, maksud dari sidak Kapolda Sumut adalah adanya kemungkinan kerawanan pasca kerusuhan di Rutan Mako Brimob, Depok, meluas ke Sumatera Utara, terutama jelang Pilkada 2018 ini.



Kapolda Sumut memberikan arahan kepada semua personel Polda Sumut untuk selalu siap siaga dan tidak lalai dalam menjalankan tugas sehari-hari dan dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.


Keadaan di setiap wilayah berbeda konseptualnya, kemudian juga adanya kelompok yang tidak puas dengan aturan negara, pemimpin dan institusi yang membuat terjadinya tidak kesepahaman dan berkeinginan melakukan tindakan pemberontakan.



‘’Perketat penjangaan, tambah personel untuk diperbantukan menjaga pos-pos yang dianggap rawan. Kepada fungsi Intel, Krimsus, Krimum, Narkoba dan Provos untuk membuat jadwal piket kepada personel yang akan melakukan penjagaan,’’ ucap Kapolda Sumut.


Saat kegiatan Sidak, Kapolda Sumut juga menyempatkan diri membawakan makan malam bagi para anggota di tempat yang dikunjunginya. Walau hanya nasi dan mie goreng, tapi Kapolda ingin semua anak buahnya bisa sama-sama menikmati wujud perhatian seorang pimpinan kepada anak buahnya.