Beritahati.com, Semarang - TNI AD menerima delapan unit helikopter serang AH-64E Apache buatan Amerika Serikat (AS). Penerimaan tersebut ditandai dengan penyerahan helikopter AH-64E Apache secara simbolis dari Menhan RI Ryamizard Ryacudu kepada Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, yang diwakili Aslog Panglima TNI Laksda Bambang Nariyono, bertempat di Lanud TNI AD Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (16/5/2018).


Sementara itu, penandatanganan naskah berita acara serah terima delapan unit Apache dilakukan oleh Kabaranahan Kemhan RI Laksda TNI Agus Setiadji, Aslog Panglima TNI Laksda Bambang Nariyono, Aslog Kasad Mayjen TNI Irwan, dan Danpuspenerbad Mayjen TNI Stephanus Tri Mulyono, disaksikan Menhan RI Ryamizard Ryacudu, Kasad Jenderal TNI Mulyono dan Wakil Kepala Perwakilan Permerintah Amerika Serikat.



Menutup rangkaian penerimaan delapan Apache tersebut, dilakukan pentasbihan secara simbolis oleh Menhan RI, Aslog Panglima TNI dan Kasad, dengan penyiraman air kembang ke badan helikopter serbu tersebut.



AH-64E Apache merupakan heli serbu andalan AS di semua medan tempur yang disinggahi pasukannya. Nama Apache diambil dari suku Indian di sana yang terkenal, yakni Apache. Ramping, cepat, gesit dan mampu membawa senjata berat udara ke darat dan udara ke udara merupakan kelebihan Apache di medan tempur. Pasukan infanteri akan mendapatkan dukungan serangan udara yang dahsyat jika Apache berada di udara.



Indian Apache juga dikenal pandai dalam berkuda, dan AH-64E Apache juga merupakan heli serbu Angkatan Darat yang bisa melayani apapun manuver yang dilakukan pilot yang membawanya.